5 Pemilik Klub Sepak Bola Paling Kaya di Dunia, Ada Pemilik Baru Man United
Syekh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe (kolase: AFP/Sporthub)
16:42
24 Februari 2024

5 Pemilik Klub Sepak Bola Paling Kaya di Dunia, Ada Pemilik Baru Man United

Sir Jim Ratcliffe akhirnya resmi menjadi pemilik sebagian saham Manchester United usai memberi 27,7 persen saham Iblis Merah.

Meski cuma punya 27,7 persen saham, Ratcliffe memang akan diserahkan oleh Keluarga Glazer kuasa penuh mengurusi masalah sepak bola.

Hadirnya Sir Jim Ratcliffe sebagai salah satu pemilik Manchester United langsung membuatnya masuk ke dalam daftar pemilik klub terkaya di dunia.

Lantas, siapa saja pemilik klub terkaya di dunia saat ini?

1. Public Investment Fund

Newcastle menjadi klub Liga Inggris paling anyar yang dimiliki oleh pengusaha atau konglomerat asal Timur Tengah. Pada Kamis (7/10/2021) lalu, Newcastle resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi.

Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi yang dipimpin oleh Mohammed bin Salman, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Dikabarkan nilai akuisisi Newcastle mencapai 300 juta poundsterling.

Sebagai pemilik saham mayoritas, PIF ditaksir punya nilai aset lebih dari 343 miliar poundsterling.

2. Francois-Henri Pinault

Di posisi kedua pemilik klub terkaya ada Francois-Henri Pinault. Ia merupakan pemilik dari klub asal Prancis, Stade Rennais.

Ia ditaksir punya kekayaan sebesar 31,6 miliar poundsterling. Tapi uang berlimpah yang dimilikinya tidak membawa kesuksesan buat Rennais.

3. Mark Mateschitz

Sebagai pewaris RB Leipzig dan New York Red Bulls setelah ayahnya, Dietrich, meninggal pada 2022 silam, Mark Mateschitz menjadi salah satu pemilik klub terkaya di dunia.

Ditaksir kekayaannya saat ini mencapai 27,4 miliar poundsterling. 

4. Sir Jim Ratcliffe

Sebagai salah satu pemilik baru Manchester United, Sir Jim Ratcliffe menduduki peringkat keempat pemilik klub terkaya di dunia saat ini.

Saat ini kekayaan Sir James Ratcliffe ditaksir mencapai 28,7 miliar poundsterling atau sekitar Rp 568 triliun.

Dengan duit berlimpah, Ratcliffe ternyata sudah berkecimpung di dunia olahraga. Dia menjadi pemilik klub Ligue 1, Nice, klub Liga Swiss FC Lausanne-Sport, dan tim sepeda Ineos Grenaders.

5. Sheikh Mansour

Pengusaha asal Abu Dhabi ini mengakuisisi Manchester City dari Thaksin Shinawatra pada 2008. Sejak saat itu, The Citizens menjadi tim bergelimang duit dan prestasi.

Kekayaan Sheikh Mansour saat ini ditaksir mencapai 17 miliar poundsterling. Uang berlimpah itu membuat City bisa meraih berbagai gelar mulai dari Liga Inggris, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemilik #klub #sepak #bola #paling #kaya #dunia #pemilik #baru #united

KOMENTAR