Mental Juara! Ini Modal Besar Timnas Indonesia untuk Menggila di Piala Asia U-23 2024
Skuad Timnas Indonesia U-23 Saat Lolos Ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024. (pssi.org)
11:12
24 Februari 2024

Mental Juara! Ini Modal Besar Timnas Indonesia untuk Menggila di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 dinilai tak perlu rendah diri jelang tampil di Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda dinilai punya modal besar untuk menggila di ajang tersebut.

Piala Asia U-23 2024 merupakan kali pertama Timnas Indonesia U-23 akan tampil di ajang akbar kelompok umur tersebut.

Sebagai debutan, PSSI memberi target cukup tinggi untuk pelatih Shin Tae-yong yakni lolos dari fase grup atau minimal mencapai babak delapan besar.

Melihat hasil undian fase grup, Timnas Indonesia U-23 dinilai butuh kerja keras untuk bisa melangkah ke fase gugur.

Pasalnya, mereka tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Meski berstatus debutan, Timnas Indonesia U-23 diminta untuk tidak kalah sebelum bertanding. Mereka dianggap punya mental dan modal yang baik dalam menatap laga ini.

Hokky Caraka di laga melawan Brunei Darussalam (dok. pssi.org)Hokky Caraka di laga melawan Brunei Darussalam (dok. pssi.org)

Hal itu disampaikan striker muda Hokky Caraka. Pemain PSS Sleman ini yakin Garuda Muda bisa mencapai target lolos ke babak delapan besar.

Menurutnya, skuad Timnas Indonesia U-23 punya pengalaman mumpuni, mengingat mayoritas dari mereka juga merupakan tulang punggung tim senior saat tampil di Piala Asia 2023 bulan lalu.

Timnas Indonesia yang membawa para pemain muda berhasil mencetak sejarah untuk pertama kali melangkah ke babak 16 besar Piala Asia.

Para pemain yang membawa tim senior mencetak sejarah itu banyak yang masih berusia di bawah 23 tahun seperti Pratama Arhan, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, hingga Rafael Struick.

“Mungkin jangan fokus ke lawan, kalian harus fokus ke tim kita sendiri," kata Hokky Caraka dikutip dari Antara, Sabtu (24/2/2024).

"Karena tim kita juga memiliki komposisi yang baik, kemarin kita di Piala Asia senior juga kebanyakan pemain u-23 pasti kita juga bisa,” tambahnya.

Nasib Hokky sendiri masih menjadi tanda tanya jelang Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada April mendatang.

Pasanya, PSS Sleman selaku klub mengisyaratkan enggan melepasnya andai dipanggil Shin Tae-yong.

Tim berjuluk Super Elang Jawa beralasan bahwa Hokky merupakan pemain penting dalam misi PSS Sleman menghindari ancaman degradasi di sisa musim Liga 1 2023-2024.

Sebagai informasi, klub tidak wajib melepas pemain ke Timnas Indonesia U-23 mengingat Piala Asia U-23 2024 tak masuk kalender resmi FIFA.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mental #juara #modal #besar #timnas #indonesia #untuk #menggila #piala #asia #2024

KOMENTAR