Menpora Dito Ariotedjo Sebut Fasilitas Cibubur Youth Elite Sport Center Berstandar Dunia
Menpora Dito Ariotedjo bersama dengan Wapres Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai usai meninjau langsung proyek Cibubur Youth Elite Sport Center (CYESC) di Cibubur, Jakarta Timur., Selasa (22/10/2024). 
20:20
22 Oktober 2024

Menpora Dito Ariotedjo Sebut Fasilitas Cibubur Youth Elite Sport Center Berstandar Dunia

– Pemerintah melalui Kemenpora sangat ingin atlet-atlet Indonesia terus meraih hasil positif saat tampil di kejuaraan internasional.

Salah satu prestasi utama yang harus didapatkan yakni medali emas Olimpiade.

Untuk mencapai itu pemerintah membangun Cibubur Youth Elite Sport Center (CYESC) di Cibubur, Jakarta Timur.

Menpora Dito Ariotedjo yang menyambangi proyek pembangunan CYESC bersama dengan Wapres Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa CYESC dibangun dengan standar venue dunia.

“Pastinya Cibubur Youth Elite Sport Center ini upaya kita mengejar bagaimana menuju Olimpiade 2028. Semua cabang olahraga prioritas yang disiapkan untuk olimpiade nanti ini sudah memiliki fasilitas latihan yang standar dunia,” kata Menpora Dito.

Dijelaskan, pada Cibubur Youth Elite Sport Center terdapat fasilitas untuk sembilan olahraga. 


Di antaranya gimnastik, angkat besi, bela diri, renang, panahan, bulu tangkis, panjat tebing, hingga sepak bola.

“Ini yang kami harapkan pelatihannya benar-benar terfokus di sini. Karena selain ada fasilitasnya ada asramanya juga, dan nanti ada sekolahnya juga,” terang Menpora.

Malahan pada fase berikutnya, keberadaan Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) yang berada tepat di samping Cibubur Youth Elite Sport Center ini bakal dimaksimalkan sebagai pusat sport science. 

Sehingga peningkatan prestasi olahraga Tanah Air di kancah internasional bisa dicapai dengan maksimal.

“Jadi Kompleks Cibubur ini kita modernisasi dan kita maksimalkan fungsionalnya. Pelatihannya fokus di sini. Ini untuk atlet muda dan juga nasional,” tegas Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora menilai dengan berfungsinya Cibubur Youth Elite Sport Center nanti, sudah tidak ada alasan ketiadaan tempat latihan untuk cabang-cabang olahraga unggulan.

Sementara itu Wakil Menpora (Wamenpora) Taufik Hidayat mengatakan, selain pembangunan infrastruktur olahraga seperti Cibubur Youth Elite Sport Center, Pemerintah juga harus tetap berfokus pada pembinaan atlet. Dalam hal ini ke depan Kemenpora akan mempersiapkan pembinaan jangka panjang.

“Hal itu sesuai arahan Bapak Presiden juga, bahwa target kita di Olimpiade 2028 melebihi dua medali emas 2024. Di 2028, targetnya empat sampai lima medali emas,” sebut Wamenpora.

“Kita harus benar-benar mempersiapkan jangka panjangnya. Ditunjang lagi dengan sekarang fasilitas-fasilitas yang ada, harus mumpuni, jadi kita juga harus pantau atletnya juga,” pungkasnya.'

 

 

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #menpora #dito #ariotedjo #sebut #fasilitas #cibubur #youth #elite #sport #center #berstandar #dunia

KOMENTAR