4 Kandidat Pelatih Interim Korea Selatan yang Gantikan Jurgen Klinsmann, Shin Tae-yong Termasuk?
Para pemain Korea Selatan saat menang dramatis terhadap Australia (the-afc.com)
14:00
16 Februari 2024

4 Kandidat Pelatih Interim Korea Selatan yang Gantikan Jurgen Klinsmann, Shin Tae-yong Termasuk?

Mengupas empat calon pelatih interim Timnas Korea Selatan yang akan menggantikan Jurgen Klinsmann. Apakah Shin Tae-yong termasuk?

Nasib Jurgen Klinsmann sebagai pelatih Timnas Korea Selatan tengah berada di ujung tanduk usai kegagalannya di Piala Asia 2023 lalu.

Di Piala Asia 2023 lalu, pria asal Jerman tersebut hanya mampu membawa Timnas Korea Selatan mencapai babak semifinal, sebelum dikalahkan oleh Yordania.

Tak hanya itu saja, tim berjuluk Taeguk Warriors itu tampil buruk sepanjang turnamen, kendati dihuni banyak bintang dari klub-klub top Eropa.

Pada fase grup, Korea Selatan harus finis sebagai Runner Up E di belakang Bahrain. Bahkan, Son Heung-min dkk bermain imbang 3-3 melawan salah satu tim lemah, Malaysia, di fase grup.

Karena rentetan hasil buruk itu, Klinsmann pun berada di ambang pemecatan. Bahkan, Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), Hwangbo Kwan, memintanya untuk digantikan.

“Untuk beragam alasan, ada konklusi bahwa Klinsmann tak bisa lagi menjadi pelatih tim nasional dan harus digantikan,” ucap Hwangbo Kwan dikutip dari Reuters.

Komentar tersebut membuat sederet nama calon pengganti Klinsmann muncul. Disebutkan ada empat pelatih yang akan dijadikan pelatih interim menggantikan eks pelatih Amerika Serikat itu.

Lantas, siapa saja pelatih interim yang akan menggantikan Jurgen Klinsmann di kursi kepelatihan Timnas Korea Selatan?

1. Hong Myung-bo

Hong Myung-bo menjadi nama pertama yang disebut-sebut akan menjadi pengganti Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan.

Saat ini, Hong Myung-bo berstatus pelatih Ulsan Hyundai dan juga pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan U-20, U-23, dan tim Olimpiade.

Dalam kariernya sebagai pelatih, pria berusia 55 tahun tersebut mampu membawa Ulsan Hyundai juara Back to Back Liga Korea Selatan pada musim 2022 dan 2023.

2. Hwang Sun-hong

Korea Selatan masih memiliki pelatih jempolan lainnya. Selain Hyong Mung-bo, ada nama Hwang Sun-hong yang menjadi kandidat pengganti Jurgen Klinsmann.

Hwan Sun-hong sendiri saat ini berstatus pelatih Timnas Korea Selatan U-22 dan U-23. Sehingga, namanya dianggap paling pas untuk bisa menjadi pelatih interim.

Sebagai pelatih, pria berusia 55 tahun ini juga bergelimang prestasi. Tercatat ia mampu membawa tim Korea Selatan menjuarai medali empas di Asian Games 2022 dan menjuarai Liga Korea Selatan serta Piala Korea Selatan di level klub.

3. Choi Yong-soo

Jika Hong Myung-bo dan Hwang Sun-hong dirasa sulit dipinang karena masih memiliki jabatan, maka KFA punya opsi lainnya pada diri Choi Yong-soo yang saat ini tengah menganggur.

Pelatih berusia 50 tahun ini memang berstatus tanpa klub atau menganggur sejak meninggalkan Gangwon FC pada Juli 2023 lalu.

Meski belum memiliki klub, Choi Yong-soo punya pengalaman segudang melatih klub Korea Selatan dan China. Bahkan, ia punya prestasi menjuarai Liga Korea Selatan dan Piala Korea Selatan.

4. Kim Ki-dong

Nama terakhir yang masuk dalam kandidat pengganti Jurgen Klinsmann adalah Kim Ki-dong yang saat ini menjabat sebagai Technical Assistant di Timnas Korea Selatan.

Jika melihat rekam jejaknya di Transfermarkt, pria berusia 52 tahun ini lebih banyak bekerja di balik layar bersama Timnas Korea Selatan.

Selain menjadi Technical Assistant, Kim Ki-dong dulunya juga menjabat sebagai Kepala Operasi dan Infrastruktur serta Direktur Pengembangan KFA terhitung sejak 2007 hingga saat ini.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kandidat #pelatih #interim #korea #selatan #yang #gantikan #jurgen #klinsmann #shin #yong #termasuk

KOMENTAR