Pemain Bali Berusia 15 Tahun Sudah Cetak 29 Gol di Norwegia, Siapa Dia?
Gede Aditya Dharma Suardika (jongkok kedua dari kanan) pemain asli Bali di Norwegia [Instagram @arvollg09]
22:54
8 Oktober 2024

Pemain Bali Berusia 15 Tahun Sudah Cetak 29 Gol di Norwegia, Siapa Dia?

Satu lagi pemain Indonesia yang berkarier di Eropa. Ia masih berusia sangat muda 15 tahun dan saat ini bermain di salah satu klub Norwegia, Arvoll IL.

Untuk informasi, Arvoll IL merupakan klub yang berbasis di Bjerke, Oslo dan sudah berdiri sejak 16 Oktober 1932. Bisa dibilang klub ini salah satu yang tertua di Norwegia.

Di klub Arvoll IL terdapat talenta asli Indonesia yang saat ini jadi salah satu pemain andalan klub tersebut. Menariknya, ayah dan ibu si pemain ini asli Bali, Indonesia.

Pemain ini lahir pada 12 Agustus 2009, yang artinya ia masih berusia 15 tahun. Meski masih berusia 15 tahun, pemain Bali ini telah mencetak cukup banyak gol.

Baca Juga: Diego Ananda Pitt: Calon Bomber Timnas Indonesia, Blasteran Karawang-Inggris

Gede Aditya Dharma Suardika (kiri) pemain asli Bali yang berkarier di Norwegia [Instagram @arvollg09]Gede Aditya Dharma Suardika (kiri) pemain asli Bali yang berkarier di Norwegia [Instagram @arvollg09]

Dikutip dari data fotball.no, bermain sejak 2021, ia telah mencatatkan 110 pertandingan dan mencetak 29 gol. Posisinya ialah seorang winger namun juga bisa ditempatkan sebagai striker murni.

Di musim ini, ia baru mencetak 2 gol di kompetisi U-15 Liga Norwegia. Untuk ukuran pemain muda tentu sangat membanggakan.

Lantas siapa pemain muda yang dimaksud ini? Ia adalah Gede Aditya Dharma Suardika. Ayah dan ibunya asli Bali, yang artinya ia tak perlu melalui proses naturalisasi jika PSSI kelak memanggilnya membela Timnas Indonesia.

Gaya main Gede Aditya cukup impresif sebagai seorang winger. Salah satu video yang diunggah akun Instagram @showtimefotball memperlihatkan bagaimana skill Gede menggiring bola.

Ia memiliki kecepatan cukup baik sebagai seorang winger. Ia cerdas menempatkan posisi dan tahu skema permainan menyerang.

Baca Juga: Siapa Dante Roethof? Senior Rafael Struick Bisa Bela 3 Negara Termasuk Timnas Indonesia

Umpan dan skill-nya menggocek bola juga bisa dibilang di atas rata-rata untuk pemain seusianya. Tak heran jika ia sudah mengoleksi 7 assist sejauh ini.

"Orang tua saya dari Indonesia, tapi saya lahir di Norwegia," kata Gede seperti dikutip dari unggahan akun @bolavers24.

Menarik untuk melihat perkembangan karier Gede Aditya di negara Erling Haaladn itu. Semoga di masa depan ia bisa jadi bagian dari Timnas Indonesia.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #pemain #bali #berusia #tahun #sudah #cetak #norwegia #siapa

KOMENTAR