Siapa Orion Zia Solo Nettl? Gelandang Serang Timnas Belanda U-16 Keturunan Bandung-Inggris
Orion Zia Solon Nettl. (Instagram/@futboll.indonesiaa)
13:48
24 September 2024

Siapa Orion Zia Solo Nettl? Gelandang Serang Timnas Belanda U-16 Keturunan Bandung-Inggris

Baru-baru ini kembali muncul seorang pemain muda bernama Orion Zia Solo Nettl yang disebut-sebut memiliki darah keturunan Indonesia-Inggris. Leluhurnya disebut-sebut berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Munculnya nama Orion Zia Solon Nettl bermula dari ulasan akun Instagram @futboll.indonesiaa. Pemain berusia 16 tahun ini disebut-sebut memiliki darah keturunan Indonesia dari keluarga ibunya.

“Orion dan Kedua orang tuanya lahir di Belanda mempunyai darah Indonesia dari sisi ibunya. Kakek neneknya berasal dari Bandung dan Orion punya darah Inggris dari kedua orang tua ayahnya,” tulis @futboll.indonesiaa.

Lantas, bagaimana sebetulnya kiprah Orion Zia Solon Nettl? Apakah pemain ini punya kualitas dan potensi yang besar untuk dinaturalisasi menjadi amunisi Timnas Indonesia? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Baca Juga: 5 Pemain Keturunan Indonesia yang Dipanggil ke Skuad Belanda U-21, Masih Bisa Bela Garuda?

Mengenal Orion Zia Solon Nettl

Jika merujuk pada data-data yang disajikan oleh situs Transfermarkt, Orion Zia Solon Nettl merupakan pemain yang punya bakat besar. Itu bisa dilihat dari status pemain kelahiran Velp, Belanda, pada 25 Juni 2007 itu.

Sebab, saat usianya baru menginjak 17 tahun, Orion Zia Solon Nettl sudah bermain untuk klub NEC Nijmegen U-21. Itu bisa dianggap sebagai sebuah hal yang spesial karena ia bermain dengan rekan-rekan yang jauh lebih senior.

Karier sepak bolanya dimulai bersama sejumlah klub di Negeri Kincir Angin, mulai dari VO (2015), De Graafschap (2015-2016), hingga akhirnya bergabung dengan akademi milik NEC Nijmegen pada 2016.

Potensi lainnya yang terlihat dari pemain ini ialah pengalamannya memperkuat Timnas Belanda U-15. Dia setidaknya telah mencatatkan empat penampilan bersama Belanda U-15 pada medio Maret hingga Mei 2022.

Baca Juga: Sandy Walsh Bongkar Perilaku Kocak Bintang Man City saat Jadi Rekan Sekamar di Timnas Belanda U-17

Jika melihat potensi semacam ini, Orion Zia Solon Nettl menjadi salah satu sosok pemain diaspora Indonesia yang layak mendapatkan pantauan khusus dari PSSI maupun tim pelatih Timnas kelompok usia muda.

Biodata Orion Zia Solon Nettl

Nama: Orion Zia Solon Nettl

Warga Negara: Belanda

Tempat/Tanggal Lahir: Velp, 25 Jun 2007

Usia: 17 Tahun

Tinggi: 181 cm

Berat Badan: 69 kg

Posisi: Gelandang Serang

Klub: NEC Nijmegen U-21

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #orion #solo #nettl #gelandang #serang #timnas #belanda #keturunan #bandung #inggris

KOMENTAR