Opta Turun Tangan, Prediksi Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023!
Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
08:48
23 Januari 2024

Opta Turun Tangan, Prediksi Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023!

Opta Analyst, perusahaan penyedia data dan statistik di bidang olahraga, turun tangan dalam memprediksi peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Menurut mereka, tim asuhan Shin Tae-yong punya kans besar untuk melangkah ke fase knock-out sekaligus menciptakan sejarah untuk kali pertama melewati fase grup Piala Asia.

Bahkan, Opta menjelaskan bahwa presentase kelolosan Timnas Indonesia ke-16 besar mencapai angka 66,4 persen.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam dalam matchday kedua Grup D dianggap menjadi kunci dari meningkat drastisnya peluang Garuda ke 16 besar.

Tim Merah Putih berhasil menang 1-0 atas Vietnam untuk memastikan setidaknya finis di peringkat tiga Grup D.

Namun, Timnas Indonesia saat ini baru mengoleksi tiga poin, yang secara matematis belum membuat posisi mereka aman dalam klasemen peringkat tiga terbaik.

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 19 January 2024. [KARIM JAAFAR / AFP]Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 19 January 2024. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pada laga terakhir Grup D, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal menghadapi Jepang. Terdapat beberapa skenario yang bisa membuat Garuda melangkah ke fase knock-out.

Timnas Indonesia bisa dipastikan lolos sebelum menghadapi Jepang apabila dua pertandingan antara tim peringkat tiga dan empat dari Grup B dan C yang akan berlangsung Selasa (23/1/2024) malam WIB ini, salah satunya rampung dengan hasil imbang.

Dari Grup B, Suriah dan India akan saling sikut pukul 18.30 WIB. Suriah berada di posisi ketiga dengan 1 poin dan selisih gol -1, sedangkan India ada di posisi juru kunci dengan 0 poin dan selisih gol -5.

Lalu, dari Grup C, Palestina yang di peringkat tiga dengan mengoleksi 1 poin dan selisih gol -3 akan bertemu Hong Kong yang berada di posisi terakhir dengan 0 poin dan selisih gol -3.

Selain itu, Timnas Indonesia juga bisa lolos tanpa bergantung hasil tim lain dengan syarat menang atas Jepang dan dipastikan finis sebagai runner-up Grup D, atau setidaknya meraih hasil imbang kontra Samurai Biru.

Terkait peluang Timnas Indonesia lolos sebagai runner-up Grup D, Opta menilai peluangnya cukup kecil yakni hanya 6,5 persen mengingat Jepang merupakan salah satu tim terbaik saat ini di Asia.

Berbeda dengan Indonesia, Opta memberikan presentase lebih besar kepada Thailand terkait peluang mereka lolos ke 16 besar.

Gajah Perang dinilai punya kesempatan 99,8 persen untuk melangkah ke fase knock-out mengingat kini telah mengoleksi empat poin.

Andai kalah dari Arab Saudi dalam matchday terakhir, Thailand setidaknya bisa finis sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #opta #turun #tangan #prediksi #timnas #indonesia #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR