3 Tim ASEAN yang Raih Poin Terbanyak di FIFA Matchday September 2024, yang Terbesar Bukan Timnas Indonesia
Bek Timnas Australia, Harry Souttar (Kiri) Saat Berduel dengan Full-back Timnas Indonesia, Sandy Walsh (Kanan) Saat Laga Indonesia vs. Australia. (pssi.org)
10:00
12 September 2024

3 Tim ASEAN yang Raih Poin Terbanyak di FIFA Matchday September 2024, yang Terbesar Bukan Timnas Indonesia

FIFA Matchday September 2024 sudah rampung terselenggara begitu juga untuk para negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Tidak semua negara ASEAN menyelenggarakan pertandingan di Kalender FIFA bulan ini. Di antaranya Singapura, Myanmar, dan Laos.

Sementara negara-negara lain menjalani kalender FIFA September 2024 dalam agendanya masing-masing. Hanya Timnas Indonesia yang masih bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia.

Tim-tim lain macam Malaysia Thailand dan Vietnam menjalani mini turnamen, sedangkan Brunei Darussalam, Timor Leste, hingga Kamboja mentas di playoff Kualifikasi Piala Asia 2027.

Baca Juga: Media Vietnam: Timnas Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

Dari hasil pertandingan, ada negara-negara ASEAN yang berhasil meraih banyak poin di FIFA ranking. Ada juga tim yang harus kehilangan poin karena hasil minor.

Siapa saja negara ASEAN yang meraih poin tertinggi di FIFA Matchday September 2024 disitat dari Footy Rankings.

1. Brunei Darussalam

Cuplikan pertandingan Malaysia vs Brunei Darussalam. (Instagram/@famalaysia)Cuplikan pertandingan Malaysia vs Brunei Darussalam. (Instagram/@famalaysia)

Brunei secara mengejutkan menjadi negara ASEAN yang meraup poin paling banyak di FIFA Matchday bulan ini. Mereka total meraih tambahan 25,1 poin.

Tambahan poin signifikan ini didapatkan usai mengalahkan Makau pada dua laga playoff Kualifikasi Piala Asia 2027. Brunei menang 3-0 di leg pertama dan 1-0 di leg kedua.

Baca Juga: Sudah Follow Akun Instagram, Thom Haye Segera Diresmikan Klub Ini?

2. Timnas Indonesia

Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia melawan Australia (pssi.org)Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia melawan Australia (pssi.org)

Di posisi kedua ada Timnas Indonesia yang mampu meraih hasil imbang dalam dua laga Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski cuma bermain imbang, tapi hasil itu didapatkan melawan negara-negara ranking tinggi. Indonesia menahan imbang Arab Saudi 1-1 dan Australia 0-0.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia meraih tambahan 15,44 poin. Tambahan yang bikin skuad Garuda diprediksi melesat naik ke peringkat 129 FIFA.

3. Malaysia

Timnas Malaysia menyalip ranking FIFA Timnas Indonesia setelah menang 2-1 atas Filipina dalam laga pertama Piala Merdeka 2024, Rabu (4/9/2024). [Dok. X/FAM_Malaysia]Timnas Malaysia menyalip ranking FIFA Timnas Indonesia setelah menang 2-1 atas Filipina dalam laga pertama Piala Merdeka 2024, Rabu (4/9/2024). [Dok. X/FAM_Malaysia]

Tim Harimau Malaya menjadi tim ASEAN ketiga yang meraih poin terbanyak di FIFA Matchday September 2024. Mereka meraup tambahan 10,06 poin dari dua laga.

Pertama Malaysia mengalahkan Filipina dengan skor 2-1, lalu menumbangkan Lebanon 1-0 sekaligus membawa mereka menjuarai turnamen buatan sendiri, Pestabola Merdeka 2024.

Malaysia sebetulnya sempat menyalip posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA, tapi usai laga Australia posisi itu berubah lagi karena Malaysia kini diprediksi menghuni posisi 132 FIFA.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #asean #yang #raih #poin #terbanyak #fifa #matchday #september #2024 #yang #terbesar #bukan #timnas #indonesia

KOMENTAR