Kapten Ketiga Kasih Masukan, Timnas Indonesia Jangan Takabur Jelang Lawan Jepang
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
19:48
20 Januari 2024

Kapten Ketiga Kasih Masukan, Timnas Indonesia Jangan Takabur Jelang Lawan Jepang

Kapten ketiga Timnas Indonesia, Rizky Ridho memberi masukan kepada timnya jelang laga hidup-mati kontra Jepang. Dia meminta skuad Garuda untuk menambal kekuarangan demi meraih hasil positif.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang dalam matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Tim asuhan Shin Tae-yong menatap laga ini dengan modal positif. Mereka baru mengalahkan musuh bebuyutan di ASEAN yakni Vietnam dengan skor 1-0 pada Jumat (19/1/2024).

Hasiul itu membuat Timnas Indonesia mengakhiri kutukan tak pernah menang atas Vietnam sejak 2016, sekaligus membuat Garuda kini menduduki urutan tiga klasemen Grup D Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin.

Meski baru mencatatkan hasil positif, Rizky Ridho menegaskan Timnas Indonesia tak boleh takabur alias berpuas diri. Mereka harus melakukan evaluasi karena dinilai masih punya banyak kekuarangan jelang lawan Jepang.

“Alhamdulillah kami semua bisa mengamankan tiga poin penting ini,” ujar Ridho dilansir dari laman Persija, Sabtu (20/1/2024).

Gelandang Irak Osama Rashid menyundul bola melewati bek Indonesia Rizky Ridho saat pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (15/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Gelandang Irak Osama Rashid menyundul bola melewati bek Indonesia Rizky Ridho saat pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (15/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

"Tapi tentu ada kekurangan yang harus kami koreksi agar kedepannya bisa bermain lebih baik lagi."

Jepang bukanlah lawan yang mudah bagi Timnas Indonesia. Samurai Biru bisa dibilang memiliki level jauh di atas Timnas Indonesia.

Tim asuhan pelatih Hajime Moriyasu saat ini menduduki peringkat 17 dunia alias yang terbaik di Asia. Mereka juga menyandang peraih gelar terbanyak Piala Asia dengan empat trofi.

Selain itu, Jepang dipastikan bakal tampil habis-habisan mengingat hasil matchday terakhir kontra Timnas Indonesia akan menentukan nasib mereka di ajang ini.

Sama seperti Indonesia, Jepang baru mengoleksi tiga poin hasil dari menang 4-2 atas Vietnam dan secara mengejutkan tumbang 1-2 dari Irak.

Mereka butuh kemenangan untuk mengunci satu tiket ke babak 16 besar, selayaknya Timnas Indonesia yang juga butuh hasil positif setidaknya satu poin untuk menjaga harapan lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Ridho memohon doa dan dukungan dari suporter. Eks pemain Persebaya Surabaya itu mengatakan motivasi ia dan rekan-rekan berlipat ganda mendengar teriakan suporter.

“Pada laga selanjutnya kami akan terus bermain sebaik mungkin,” pungkas sosok yang menjadi kapten ketika Asnawi Mangkualam dan Jordi Amat ditarik keluar dalam laga kontra Vietnam.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kapten #ketiga #kasih #masukan #timnas #indonesia #jangan #takabur #jelang #lawan #jepang

KOMENTAR