Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Ramalan Zodiak? Simak Penjelasan Menurut NU dan Muhammadiyah
Ilustrasi tanda zodiak. /Sumbe foto: freepik
06:42
1 Mei 2024

Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Ramalan Zodiak? Simak Penjelasan Menurut NU dan Muhammadiyah

 

Jawapos.com - Ramalan zodiak menjadi sesuatu hal yang familiar di kalangan masyarakat termasuk mereka yang beragama islam. Namun sebenarnya bagaimana pandangan islam terhadap ramalan zodiak?  Bolehkah Mempercayai Ramalan Zodiak dalam Islam?

Zodiak memang sangat erat hubunganya dengan ilmu perbintangan atau astrologi. Dimana dalam ilmu tersebut kita bisa mengetahui bagaimana karakter seseorang, nasib, rezeki seseorang berdasarkan tanggal lahir kita sesuai dengan zodiaknya.

Biasanya ramalan ramalan yang dihasilkan dari sebuah berbagai jenis zodiak ada kebenaran dan sesuai dengan apa yang sedang dialami oleh seseorang tersebut. Sehingga tidak sedikit mereka yang mempercayai ramalan zodiak tersebut.

Namun bagaimana sebenarnya hukum mempercayai ramalan zodiak dalam islam? berikut ini kami sajikan ulasan lengkap mengenai hal tersebut. SIlahkan lanjutkan membaca tulisan ini hingga selesai.

Menurut Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ruslan Fariadi dalam halaman tvmu.tv (Muhammadiyah), bahwa ramalan zodiak termasuk bagian dari perdukunan yang mengarah kepada stigma negatif.

Sehingga menurunnya sikap terbaik terhadap ramalan zodiak ialah jangan percaya sekalipun benar terjadi. Karena mempercayai sebuah ramalan seperti zodiak dapat mengarah pada hal keburukan dan juga masuk dalam dosa besar, serta durhaka kepada Allah SWT.

Sedangkan dilansir dari halaman NU Online setidaknya terdapat 4 sikap terkait dengan ramalan zodiak. Adapun sikap tersebut sesuai dengan pendapat yang disampaikan Syekh Ibrahim al-Bajuri, dalam kitab Tahqiqul Maqam ala Kifayatul Awam, yaitu: 

  1. Kelompok yang tidak percaya terhadap benda-benda itu. Karena, Dzat yang memberi pengaruh hanyalah Allah Swt dan disertai kemungkinan bersalahan antara sebab dan akibatnya. Inilah kelompok yang selamat.

  2. Kelompok yang tidak percaya terhadap benda-benda itu, namun meyakini kelaziman antara sebab dan akibat sekira tak ada kemungkinan bersalahan. kelompok dianggap tidak mengerti hakikat hukum adi, dan terkadang bisa terbawa pada kekufuran.

  3. Kelompok yang percaya terhadap segala benda itu. Kelompok ini menurut para ulama sepakat dihukumi kufur.

  4. Kelompok yang percaya kecocokkan ramalan karena kekuasaan Allah Swt. Para ulama berbeda pendapat terhadap kelompok ke 4 ini, ada yang menghukumi kufur, namun pendapat yang shahih kelompok ini tidak dihukumi kufur.

Dari ulasan diatas silahkan anda untuk menyimpulkan sendiri berada dalam kelompok yang nomor berapa, dan apabila berada dalam kelompok yang tergolong kufur, atau syirik sebaiknya segera hindari.

Karena sebenarnya karakter seseorang menurut laman Nu Online bukan hanya dipengaruhi oleh faktor zodiak atau tanggal lahirnya, pasalnya dalam hadits disebutkan, setiap manusia lahir dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Majusi, ataupun Nasrani.

Ditambah ulama tasawuf Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin, menyebutkan bahwa manusia memiliki 4 karakter yang saling mempengaruhi, yakni, sifat ketuhanan, Sifat Kesetanan, Sifat Kehewanan dan Sifat Kebuasan.

Maka dari itu tidak disarankan ramalan zodiak dijadikan sebagai patokan untuk menilai karakter seseorang. Karena dikhawatirkan bisa menuju pada penghakiman sepihak yang mengarah pada sebuah prasangka buruk atau suudzon.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bagaimana #pandangan #islam #terhadap #ramalan #zodiak #simak #penjelasan #menurut #muhammadiyah

KOMENTAR