Sudung Situmorang Bertatap Muka Langsung dengan Paus Fransiskus, Minta Memberkati Patung Yesus Sibea-bea
Sudung Situmorang beruntung bertatap muka dan memohon doa pada Kunjungan Apostolik Sri Paus Fransiskus. (Istimewa)
07:48
24 September 2024

Sudung Situmorang Bertatap Muka Langsung dengan Paus Fransiskus, Minta Memberkati Patung Yesus Sibea-bea

–Kunjungan Apostolik Pemimpin Gereja Katolik Sri Paus Fransiskus ke Indonesia beberapa waktu lalu meninggalkan pesan dan kesan sangat mendalam bagi Pemerintah Indonesia, masyarakat, khususnya umat Katolik dari Sabang sampai Merauke.

Sudung Situmorang, umat Katolik yang sangat beruntung pada Kunjungan Apostolik Sri Paus Fransiskus. Dia bersama umat lain diberi kesempatan bertatap muka dengan Paus Fransiskus dan mohon doa dan berkat bagi diri, keluarga, Kumpulan Marga Situmorang, dan miniatur patung Yesus yang sengaja dibawa ke hadapan Bapa Suci Paus Fransiskus.

Saat itu, Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM. Cap meminta Paus Fransiskus memberkati patung Yesus yang diprakarsai Sudung Sitomorang bersama Kumpulan Marga Situmorang. Patung Yesus itu berada di Bukit Sibea-Bea, Kecamatan Harian, Pulau Samosir.

Sibea-bea Kabupaten Samosir adalah kampung halaman Sudung Sitomorang. Patung Yesus yang diprakarsai Marga Situmorang merupakan patung dengan tinggi 61 (enam puluh satu) meter. Inilah patung Yesus tertinggi di dunia.

Kamis (19/9), digelar Perayaan Misa Peresmian dan Acara Syukuran atas selesainya pembangunan patung Yesus Kristus Penyelamat Bukit Sibea-bea di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Patung Yesus kebanggaan umat Kristen Protestan dan Katolik. Juga masyarakat Sumatera Utara.

Menjadi kebanggaan, sebanyak 4 (empat) orang uskup memimpin perayaan Misa hari itu. Yakni Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFM. Cap, Ketua KWI Mgr Antonius Subianto OSC, Uskup Agung Palembang Mgr Yohanes Harun Yuwono Pr, dan Uskup Sibolga Mgr Fransiskus Tuman Sinaga Pr.

Acara pemberkatan dan syukuran peresmian patung Yesus Sibea-bea ini juga dihadiri sejumlah pendeta Kristen Protestan dan umat dari lintas agama.

Sudung Situmorang, pensiunan jaksa pada Kejaksaan Republik Indonesia. Jabatan terakhir Staf Ahli Jaksa Agung Kejaksaan RI. Sudung Situmorang juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

”Puji dan Syukur kepada Tuhan YME, Patung Yesus Sibea-bea telah diberkati dan diresmikan. Semoga dengan berdirinya patung Yesus ini, masyarakat Samosir diberkati dan selalu dalam lindungan-Nya. Kehadiran Patung Yesus ini simbol Kasih dan Berkat bagi semua umat beragama,” ujar Sudung Situmorang.

Sudung Situmorang menuturkan, Patung Yesus Kristus di Bukit Sibea-bea akan menjadi icon di Kabupaten Samosir. Dari puncak Bukit Sibea-bea, kita dapat melihat pemandangan Danau Toba dan perbukitan yang mengelilingi. Terlihat pula Pulau Samosir yang terhampar di tengah Danau Toba.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #sudung #situmorang #bertatap #muka #langsung #dengan #paus #fransiskus #minta #memberkati #patung #yesus #sibea

KOMENTAR