Di Depan Ribuan Kadernya, Megawati Sampaikan Lima Amanat Saat Jadi Inspektur Upacara HUT ke-79 RI
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memimpin Upacara HUT Ke-79 RI di Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). [ANTARA/HO-PDIP.]
13:16
17 Agustus 2024

Di Depan Ribuan Kadernya, Megawati Sampaikan Lima Amanat Saat Jadi Inspektur Upacara HUT ke-79 RI

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan lima amanat saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Halaman Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Dalam apel yang diikuti sekira 5 ribu kader partai banteng moncong putih itu, Megawati memaparkan satu per satu lima amanat tersebut. 

Pertama, Megawati meminta agar seluruh konsepsi, pemikiran, cita-cita, semangat, dan perjuangan kemerdekaan Indonesia, dapat dipahami seluruh rakyat Indonesia.

"Kesemuanya mengandung cita-cita yang mulia bagi terwujudnya Indonesia Raya," ujar Presiden kelima RI itu.

Baca Juga: Pidato Megawati di HUT Ke-79 RI: Rakyat Jangan Dipaksa Cari Pemimpin yang Belum Mumpuni

Kedua, Megawati meminta gelorakan Pancasila dengan seluruh falsafah kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945 menjadikan Pancasila sebagai pegangan hidup dan jiwa bangsa. 

Ketua Dewan Pengarah BRIN ini kemudian mengulas Lagu Indonesia Raya yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka.

"Kalau kita tadi kita menyanyikan Indonesia Raya, saya yang paling senang itu, kan mengatakan 'Bangunlah Jiwanya’ Baru ‘Bangunlah Badannya'. Coba pikir, memang mau bangunlah badannya, ya sudah tidak bisa lah kalau tidak ada jiwanya, coba pikirkan ibu dan bapak," kata Megawati.

"Jadi luar biasa, oleh sebab itu saya memberikan instruksi, kalau sedang upacara bendera, maka Indonesia Raya boleh hanya satu stanza. Tapi kalau kita tidak menaikkan bendera, kita menyanyikan keseluruhan dari Indonesia Raya yaitu 3 stanza," sambungnya.

Ketiga, kata Megawati, jalankan UUD Negara Republik Indonesia 1945 dengan selurus-lurusnya. Semangat persatuan dan kesatuan bangsa harus digenggam, kekuatan gotong royong rakyat juga perlu diperkuat agar bangsa Indonesia dapat keluar dari berbagai persoalan bangsa saat ini.

Baca Juga: Detik-detik Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka, Tetap Khidmat Meski Terbagi di 2 Wilayah

"Keempat, terus bangun optimisme bahwa keadilan dan kemakmuran akan terus hadir selama kita berjuang keras bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara," ungkap Megawati.

Terakhir, Megawati mengajak seluruh lapisan bangsa untuk mempersiapkan masa depan bangsa dengan mendidik para generasi muda memiliki karakter berkebudayaan.

"Kelima, kita siapkan masa depan Indonesia dengan menggembleng para pemuda pemudi Indonesia agar menjadi pandu-pandu bangsa yang mumpuni dan berkarakter budaya Indonesia," pungkas Megawati.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #depan #ribuan #kadernya #megawati #sampaikan #lima #amanat #saat #jadi #inspektur #upacara

KOMENTAR