Kasus Selebgram Meninggal, Dokter Tompi Sebut Sedot Lemak Minim Efek Samping, Asal....
Kasus Selebgram Meninggal, Dokter Tompi Sebut Sedot Lemak Minim Efek Samping, Asal... [Rena Pangesti/Suara.com]
15:00
30 Juli 2024

Kasus Selebgram Meninggal, Dokter Tompi Sebut Sedot Lemak Minim Efek Samping, Asal....

Dokter spesialis bedah plastik Teuku Adifitrian atau yang akrab disapa Tompi turut beri tanggapan terkait meninggalnya selebgram asal Medan, Ella Nanda Sari Hasibuan setelah melakukan operasi sedot lemak.

Tompi menekankan bahwa tindakan sedot lemak sebenarnya minim efek samping. Bahkan pasien bisa langsung beraktivitas ringan pasca tindakan. Hanya saja dengan catatan, dokter yang melakukan tindakan memang memiliki kompetensi.

"Kalau misalnya bisa kita kerjakan dengan prosedur yang terukur, memang dilakukan oleh dokter bedah plastik yang sudah memenuhi kompetensi untuk mengerjakan ini, seharusnya pasien bisa langsung minimal activity," jelas Tompi kepada dihubungi Selasa (30/7/2024). 

Selebgram Ella Nanda Sari Hasibuan yang meninggal dunia diduga karena malpraktik WSJ Beauty Depok [Ist]Selebgram Ella Nanda Sari Hasibuan yang meninggal dunia diduga karena malpraktik WSJ Beauty Depok [Ist]

Sekalipun tindakan sedot lemak dilakukan di area yang luas, seperti perut, pasien juga sebenarnya hanya memerlukan waktu beberapa hari untuk istirahat. Meski begitu, untuk beraktivitas ringan di dalam rumah masih aman dilakukan seorang diri. 

Baca Juga: Dari Model Selebgram ke Penjara: Kisah Penasihat Spritual Gadungan

"Dengan sedot lemak yang luas, dia bisa rehat satu, dua hari. Tapi makan, tidur, bergerak sebatas jalan ke kamar mandi di rumah it's oke, enggak apa-apa," ujarnya.

Tubuh lemas yang dirasakan pasca tindakan juga bisa jadi masih efek dari pembiusan. Akan tetapi secara umum, lanjut Tompi, efek samping pasca sedot lemak hanya terjadi sementara.

"Efek samping yang mungkin lemas, itu temporary sekali. Kalau habis operasi pasti lemas, ngantuk segala macam," ujarnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #kasus #selebgram #meninggal #dokter #tompi #sebut #sedot #lemak #minim #efek #samping #asal

KOMENTAR