Jelang Tes Tertulis Capim KPK, Nurul Ghufron Siapkan Kondisi Pikiran dan Tubuh
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron. (Suara.com/Dea)
17:20
25 Juli 2024

Jelang Tes Tertulis Capim KPK, Nurul Ghufron Siapkan Kondisi Pikiran dan Tubuh

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron buka suara setelah dirinya lolos seleksi tahap administrasi.

Selanjutnya, Nurul Ghufron bersama 235 orang lainnya akan melaksanakan tes tertulis secara luring pada Rabu (31/7/2024) mendatang.

Menanggapi itu, Ghufron menjelaskan persiapan yang dia lakukan menjelang pelaksanaan tes tertulis sebagai bagian dari rangkaian seleksi capim KPK periode 2024-2029.

“Tes tulis ini biasanya di awal-awal adalah tes potensi akademik karena itu yang kami persiapkan hanya untuk kemudian memfitkan kondisi pikiran dan kesegaran tubuh saja,” kata Ghufron di Gedung Juang, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2024).

Baca Juga: Sita Dokumen saat Geledah Kantor Ditjen Minerba ESDM, KPK Buka Peluang Tersangka Baru di Kasus Eks Gubernur Malut

“Jadi yang penting itu kan mengukur, bukan ngukur intelektual. Intelektual ada, tapi juga emosional dan juga spiritual yang diukur sehingga hal-hal yang begitu saya kira hanya butuh ketenangan saja,” tambah dia.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan deretan nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Pada pengumuman yang disampaikan Pansel, ada 236 nama yang dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi, delapan di antaranya merupakan orang dari internal KPK.

Adapun capim yang berasal dari internal KPK dan dinyatakan lolos administrasi ialah Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dan Nurul Ghufron.

Selain itu, ada pula nama Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa, Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria, serta Fungsional Analisis Pemberantasan Korupsi Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK Anna Devi.

Baca Juga: Ancaman Baru Jika Jenderal Polisi Jadi Pimpinan KPK

Lebih lanjut, pada tahap administrasi ini, Pansel juga meloloskan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Didik Agung Widjanarko, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, serta Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Selanjutnya, para pendaftar seleksi Capim KPK yang sudah dinyatakan lolos tahap administrasi akan menjalani tes tertulis.

"Tes Tertulis dilaksanakan secara luring menggunakan aplikasi berbasis Web (Portal Asesmen Terpadu (POSTER)) Kemensetneg, dengan menggunakan laptop/komputer yang disediakan oleh Panitia," demikian dikutip dari pengumuman yang ditandatangani oleh Ketua Pansel Muhammad Yusuf Ateh, Rabu (24/7/2024).

Rencananya, pelaksanaan tes tertulis bagi Capim KPK yang sudah lolos tahap administrasi akan dilakukan pada Rabu (31/7/2024).

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #jelang #tertulis #capim #nurul #ghufron #siapkan #kondisi #pikiran #tubuh

KOMENTAR