Cek Fakta: Dr. Zaidul Akbar Promosi Obat Mata Sembuh dalam 7 Hari Tanpa Efek Samping
Dr Zaidul Akbar.(Tangkapan layar Youtube)
13:28
19 Juli 2024

Cek Fakta: Dr. Zaidul Akbar Promosi Obat Mata Sembuh dalam 7 Hari Tanpa Efek Samping

Beredar sebuah iklan di Facebook yang menampilkan dr. Zaidul Akbar sedang mempromosikan sebuah produk obat mata. Video tersebut diunggah oleh akun dengan nama dr. Zaidul Akbar: Energi dan Kesehatan.

Dalam unggahannya, akun tersebut mempromosikan obat mata yang diklaim bisa menyembuhkan penglihatan dalam waktu 7 hari dan tanpa efek samping. Berikut narasi dari akun tersebut:

“KEMBALIKAN PENGLIHATAN DALAM 7 HARI
100% obat alami yang akan menyembuhkan masalah penglihatan!
Tidak ada efek samping,"

Faktanya, dalam video resmi di akun YouTube-nya, Dr. Zaidul Akbar menegaskan bahwa berbagai video yang menampilkan dirinya sedang mengiklankan produk-produk kesehatan di media sosial merupakan konten buatan AI.

Baca Juga: CEK FAKTA: Raffi Ahmad Bagi-bagi Motor Gratis untuk Follower di Instagram

Pernyataan ini ia sampaikan melalui video berjudul “Video Mengatasnamakan Saya Diedit Dengan AI”, yang diunggah pada 17 Juli 2023.

Dalam video klarifikasinya, dr. Zaidul Akbar, yang terlihat mengenakan kemeja kotak-kotak dan duduk di kursi warna merah, menjelaskan bahwa video iklan produk yang beredar di media sosial adalah hoaks.

"Video ini bukan video saya, dia menggunakan teknologi AI untuk memanipulasi suara saya bahkan gerak bibir saya, sehingga ini video yang palsu bukan dari saya, dan tidak ada sangkut pautnya dengan saya," tegas dr. Zaidul Akbar.

Selain itu, mengutip dari Turnbackhoax, berdasarkan penelusuran fakta menggunakan platform "AI-Generated Content Detection" dari hivemoderation.com, menunjukkan bahwa audio dalam video tersebut memiliki probabilitas 99,9% sebagai konten deepfake buatan AI.

Selain itu, berdasarkan penelusuran sumber asli menggunakan Google Lens, tangkapan layar video yang diuji mengarah pada artikel dari Tribunnews Banjarmasin, yang diterbitkan pada 20 April 2024, berjudul “Tips Sembuh dari Berbagai Penyakit Dibeberkan dr Zaidul Akbar, Ubah Pola Makan Hindari Pangan Ini”.

Baca Juga: CEK FAKTA: Baim Wong Bagi-bagi Giveaway Hingga Puluhan Juta

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa iklan yang beredar tersebut adalah konten tiruan yang menggunakan teknologi AI untuk memalsukan identitas dr. Zaidul Akbar.

Masyarakat diharapkan lebih waspada dan melakukan verifikasi terhadap informasi yang beredar di media sosial.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #zaidul #akbar #promosi #obat #mata #sembuh #dalam #hari #tanpa #efek #samping

KOMENTAR