Riwayat Pendidikan Airin Rachmi Diany, Jago Golkar di Pilgub Banten
Airin Rachmi Diany (instagram airinrachmidiany)
23:04
10 Juli 2024

Riwayat Pendidikan Airin Rachmi Diany, Jago Golkar di Pilgub Banten

Mantan Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany hampir pasti diusung Partai Golkar di Pilgub Banten.

Hanya saja, Airin Rachmi Diany masih butuh menghimpun koalisi agar bisa maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten. Partai Golkar saat ini memiliki 14 kursi di parlemen. Butuh tambahan enam kursi lagi untuk memenuhi syarat minimal mengusung calon.

Sementara itu, terbentunya Koalisi Banten Maju (KBM) disebut-sebut bisa mengganjal Airin Rachmi Diany untuk mencalonkan di Pilgub Banten.

Koalisi yang terdiri dari Partai Gerindra, PKS, NasDem, PAN, PPP, dan PSI itu bakal mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Baca Juga: Rekom NasDem untuk Pilgub Banten 2024 Berlabuh ke Andra Soni-Dimyati

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri atau UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Syaeful Bahri menyebutkan Partai Golkar Banten terancam tidak mendapatkan teman koalisi di Pilgub 2024.

Partai Golkar sebenarnya masih bisa merapat ke PDIP yang mempunyai 14 kursi, Partai Demokrat pemilik 11 kursi, dan PKB 10 kursi. Namun, jika melihat jumlah kursi, ketiganya bisa mengusung Rano Karno (PDIP) dan Arief R Wismansyah (Demokrat).

Profil Airin Rachmi Diany

Airin lahir di Kota Banjar, Jawa Barat pada 28 Agustus 1976. Tidak banyak catatan mengenai rekam pendidikannya.

Dia pernah menempuh pendidikan di Universitas Parahyangan Bandung (1995-1999) program Hukum. Airin juga pernah berkuliah Universitas Padjadjaran Bandung, Spesialis Satu (SP-1) Program Studi Notariat (2000-2002).

Baca Juga: Tak Gentar Dibilang Minim Pengalaman, Marshel Widianto Ungkap Kiprah Politiknya

Gelar magisternya diraih di program hukum di Universitas Padjadjaran Bandung, Program Studi Ilmu Hukum Bisnis (2003-2005).

Sebelum turun di dunia politik, Airin pernah berkerja sebagai Asisten Notaris Kantor Notaris Imas Tarwiyah, SH, MH (1999-1999).

Karier politiknya mulai melejit saat menjabat sebagai Wali Kota Tangerang pada 2011. Pada 2016 dia kembali mencalonkan diri dan terpilih.

Airin menikah dengan seorang pengusaha bernama Tubagus Chaeri Wardana. Dari hasil peernikahan itu, keduanya dikaruniai anak Ghefira Marhamah Wardana dan Ghifari Al Chusaeri Wardana.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #riwayat #pendidikan #airin #rachmi #diany #jago #golkar #pilgub #banten

KOMENTAR