Tiga Sekolah di Cilegon Bakal Dikunjungi Presiden Jokowi, Terkait Uji Coba Makan Bergizi Gratis
Presiden Jokowi bakal meninjau tiga sekolah di Cilegon terkait uji coba Makan Bergizi Gratis. [Suara.com/Novian]
15:52
9 Juli 2024

Tiga Sekolah di Cilegon Bakal Dikunjungi Presiden Jokowi, Terkait Uji Coba Makan Bergizi Gratis

Tiga sekolah di Kota Cilegon bakal dikunjungi Presiden Jokowi pada Agustus 2024 mendatang. Ketiga sekolah tersebut bakal dikunjungi terkait uji coba program Makan Bergizi Gratis.

Plh Asisten Daerah atau Asda II Pemkot Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra mengatakan, uji coba program Makan Bergizi Gratis bakal dilakukan di sebanyak 24 sekolah di Kota Cilegon, Banten.

Kata Aziz, puluhan sekolah tersebut berada di lima kecamatan di Kota Cilegon dan tiga di antaranya bakal dikunjungi Presiden Jokowi.

"Yang akan dikunjungi Presiden Jokowi hanya tiga sekolah, yakni SDN Kedaleman IV, SMPN I Cilegon dan SMPIT Raudhatul Jannah," jelas Aziz, Selasa (9/7/2024)

Baca Juga: Silsilah Istri Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Bukan Kaleng-kaleng, Ternyata Keturunan Darah Biru

Aziz mengungkapkan, kedatangan Presiden Jokowi ke Kota Cilegon untuk memastikan program tersebut bisa dijalankan secara nasional setelah presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik pada Oktober 2024 nanti.

Asda II Pemkot Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra. [Dok Pemkot Cilegon]Asda II Pemkot Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra. [Dok Pemkot Cilegon]

"Di Provinsi Banten, Kota Cilegon dan Kota Tangerang ditunjuk sebagai kota uji coba program ini. Kalau Cilegon berhasil dengan uji coba ini, pasti nanti akan ada kunjungan dari daerah lain untuk belajar ke Cilegon soal mekanismenya seperti apa, sebab dari pusat juga sedang mencari pola terbaik mengenai program ini," papar Aziz.

Aziz memastikan anggaran uji coba Makan Bergizi Gratis, tidak mendapatkan alokasi dana dari pemerintah pusat. Ia mengaku akan berupaya mencari pembiayaan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

"Anggaran makannya sekitar Rp20.000 per siswa. Mengenai menunya kita serahkan ke Dinas Kesehatan karena harus memenuhi gizi anak yang jelas ada nasi, lauk dan sayur," katanya.

"Sedangkan susu akan diberikan dari pusat. Tapi nanti kita masukkan anggarannya ke dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) agar yang menjadi pelaksananya sekolah masing-masing," terang Aziz.

Baca Juga: Demokrat-Golkar Jalin Komunikasi Politik, Pastikan Tetap Lobi Partai Koalisi Banten Maju di Cilegon

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengaku siap melaksanakan uji coba tersebut. Pihaknya akan segera mengundang sekolah yang ditunjuk sebagai pilot project.

"Mohon doanya saja semoga program ini berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan," ungkapnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #tiga #sekolah #cilegon #bakal #dikunjungi #presiden #jokowi #terkait #coba #makan #bergizi #gratis

KOMENTAR