Kuasa Hukum Beberkan Bukti Hasto Selalu Diganggu Isu Harun Masiku Saat Momentum Politik
Kuasa Hukum Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy saat mendampingi kliennya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Bagaskara]
13:08
10 Juni 2024

Kuasa Hukum Beberkan Bukti Hasto Selalu Diganggu Isu Harun Masiku Saat Momentum Politik

Tim kuasa hukum mengatakan jika Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tak ada kaitannya dengan kasus Harun Masiku. Kuasa hukum menyebut isu Hasto dikaitkan dengan Harun Masiku terus digoreng ketika ada momentum politik.

Hal itu disampaikan salah satu pengacara Hasto, Ronny Talampessy, saat mendampingi Hasto penuhi panggilan KPK ke Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024).

Bahkan, Ronny mengaku memiliki grafik di mana isu Hasto terkait Harun Masiku selalu muncul ketika momen politik.

"Kita mempunyai grafik di mana Sekjen PDIP ketika sampaikan kritik dari proses Pilpres kemarin grafik naik, isu ini selalu dinaikan," kata Ronny.

Baca Juga: KPK Periksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Hari Ini, Berikut Fakta Terbaru Kasus Harun Masiku

Ia membeberkan hal itu diantaranya dimulai pada Oktober 2023 ketika momentum Gibran mendaftarkan diri sebagai cawapres. Lalu di November kala kasus Aiman mencuat hingga seniman Butet Kertaredjasa dipolisikan.

"Kemudian bulan Januari, ketika kita menyampaikan adanya abuse of power, dugaan mobilisasi aparat dan TSM. Kemudian di bulan Maret dan April ini sangat tinggi isu ini mulai dinaikkan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, hal itu sengaja dibeberkan ke publik, lantaran akhir-akhir ini juga Hasto dipanggil oleh aparat penegak hukum secara beruntun. Ronny pun mengaku hal itu jadi pertanyaan pihaknya.

"Minggu kemarin dari Kepolisian. Kemudian di hari yang sama ketika kita selesai melakukan klarifikasi di Kepolisian, kemudian sorenya ada pengumuman bahwa Sekjen PDI Perjuangan akan dipanggil KPK," katanya.

"Nah ini menjadi pertanyaan buat kami, karena apa? Sekarang masuk tahun politik juga, akan masuk Pilkada. Jadi kami menduga ketika masuk tahun politik, isu ini akan dinaikkan terus. Maka di sini kami hadir untuk mendukung KPK. Jadi kalau penyidik mau sampaikan apa yang mau ditanyakan, kita akan sampaikan," sambungnya.

Baca Juga: Simbiosis Mutualisme Anies-PDIP Di Pilkada DKI

Penuhi Panggilan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat datang untuk memenuhi panggilan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat datang untuk memenuhi panggilan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto akhirnya penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (10/6/2024). Ia datang didampingi pengacaranya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Hasto tiba di Gedung Merah Putih pada pukul 09.39 WIB. Ia didampingi sejumlah orang, termasuk pengacara Ronny Talapesy.

"Seperti yang saya janjikan selaku warga negara taat hukum saya penuhi panggilan dari KPK untuk memberikan keterangan dan saya diundang dalam kapasitas sebagai saksi stas persoalan yang berkaitan Harun Masiku," kata Hasto.

Ia mengaku bakal memberikan keterangan seterang-terangnya dalam panggilan KPK ini.

"Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya," katanya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #kuasa #hukum #beberkan #bukti #hasto #selalu #diganggu #harun #masiku #saat #momentum #politik

KOMENTAR