Rika Tolentino Kato
Potret Rika Tolentino Kato, Istri Yusril Ihza Mahendra. [TikTok/@fansprofyusril]
16:08
20 Mei 2024

Rika Tolentino Kato

Politisi Yusril Ihza Mahendra mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB). Hal itu disampaikan dalam sidang Musyawarah Dewan Partai (MDP) PBB pada Sabtu (18/5/2024).

Seiring dengan itu, sosok istri Yusril Ihza Mahendra pun menuai perhatian publik. Lantas bagaimana profilnya?

Profil Rika Tolentino Kato
Rika Tolentino Kato merupakan istri dari politisi dan pakar tata negara, Yusril Ihza Mahendra. Mereka resmi menikah pada 16 September 2006 silam. 

Potret Rika Tolentino Kato, Istri Yusril Ihza Mahendra (TikTok/@fansprofyusril)Potret Rika Tolentino Kato, Istri Yusril Ihza Mahendra (TikTok/@fansprofyusril)

Rika Kato menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Quezon Province Philippine, pada tahun 2000. Kemudian kuliah jurusan psikologi di Assumption College di Makati, Philippine dan melanjutkan pendidikannya ke Oxford University. 

Rika Tolentino Kato berdarah campuran Jepang dan Philipina. Ia memilih untuk memeluk agama Islam pada tahun 2006. 

Lama tak berselang, Rika Kato juga menjadi warga negara Indonesia (WNI). Menariknya, berdasarkan keterangan dari Yusril, istrinya juga memiliki darah Spanyol. 

Saat menikah, Rika Kato masih berusia 23 tahun, sementara sang politikus sudah mencapai usia 50 tahun.

Saat ini, Rika telah menginjak usia 40 tahun dan aktif sebagai ibu dari dua anak, Ishmael Zacharias Mahendra dan Anissa Zulaikha Mahendra.

Sebelum menikah dengan Rika Kato, Yusril menikah dengan Kessy Sukaesih, wanita berdarah Sunda-Betawi, namun perkawinan dengan Kessy Sukaesih itu berakhir dengan perceraian pada tahun 2005. 

Dari perkawinannya dengan Kessy Sukaesih, Yusril diikaruniai empat orang anak yakni Yuri Kemal Fadlullah, Kenia Khairunissa Mahendra, Meilany Alissa dan Ali Reza Mahendra.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #rika #tolentino #kato

KOMENTAR