Bidik Tersangka Baru Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana, Polisi Panggil PO Bus sampai Pihak Travel
Petugas gabungan mengevakuasi bus Putera Fajar yang mengalami kecelakaan di Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (11/5). (Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung/ Jawa Pos)
08:48
17 Mei 2024

Bidik Tersangka Baru Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana, Polisi Panggil PO Bus sampai Pihak Travel

Polda Jawa Barat masih membuka peluang adanya tersangka lagi dalam kasus kecelakaan bus pariwisata Putera Fajar di Ciater, Subang. Penyidik kini sudah mengagendakan pemeriksaan kepada perusahanan otobus (PO), pihak karoseri dan juga pihak travel.   “Semuanya kita panggil, semuanya kita mintakan keterangan. Tidak hanya PO saja, pengurus PO nya, karoseri yang merubah terkait dengan bus tadi,” kata Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Wibowo kepada wartawan, Jumat (16/5).   Sejauh ini sopir bus masih menjadi tersangka tunggal. Namun, penyidik menduga masih ada pelanggaran pidana lain yang berpotensi memunculkan tersangka tambahan bila ditemukan alat bukti yang cukup.  

  “Kemarin kita baru meminta keterangan terkait kegagalan fungsi rem. beberapa temuan itu. ini sedang kita mintakan keterangan lagi terkait perubahan dimensi itu. Perubahan dimensi ini berpengaruh tidak terhadap kecelakaan kemarin,” jelas Wibowo.   Sebelumnya, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi. Kali ini bus pariwisata kecelakaan di Jalan Raya Kampung Palasari, Desa Palasari Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.   Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan adanya kecelakaan ini. Kini kecelekaan dalam penangan petugas di lapangan.  

  "Kendaraan yang terlibat Bus Trans Putera Fajar AD 7524 OG," kata Jules kepada wartawan, Sabtu (11/5).   Kecelakaan terjadi akibat bus oleng saat melintas di jalan menurun dan menabrak kendaraan lainnya. "Kendaraan Bus Trans Putera Fajar AD 7524 OG datang dari arah selatan menuju utara pada saat melaju pada jalan yang menurun oleng kekanan menabrak Kendaraan Feroza dari arah berlawanan," kata Jules.   Setelah menabrak, bus kemudian terguling ke bahu jalan. Penyebab kecelakaan masih dalam pendalaman petugas di lapangan.  

  "(Bus) Terguling miring ke kiri. Posisi ban kiri di atas dan terselusur sehingga menabrak tiga kendaraan jenis roda dua yang terparkir di bahu jalan," kata Jules.   "Sementara kendaraan bus tersebut terhenti setelah menabrak tiang yang ada dibahu jalan arah Subang menuju Bandung tepat di depan Masjid As Sa'adah," tandasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bidik #tersangka #baru #kecelakaan #lingga #kencana #polisi #panggil #sampai #pihak #travel

KOMENTAR