Massa Aksi May Day Bubarkan Diri, Flare Dinyalakan, Spanduk Jokowi 'Menyala'
Spanduk Jokowi dibakar saat massa Aksi Buruh akan membubarkan diri usai Peringatan Hari Buruh Internasional di Kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (1/5/2024). [Suara.com/Faqih]
19:40
1 Mei 2024

Massa Aksi May Day Bubarkan Diri, Flare Dinyalakan, Spanduk Jokowi 'Menyala'

Massa gabungan dari elemen buruh, mahasiswa dan masyarakat sipil lainnya akhirnya membubarkan diri usai memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Kawasan Patung Kuda, Jakarta pada Rabu (1/5/2024).

Sebelum membubarkan diri, massa aksi membakar poster Presiden Joko Widodo berukuran raksasa yang terbentang menggunakan balok kayu.

Massa membakarnya tanpa merobek-robek. Api disulut dari sisa makanan dan spanduk lainnya dibakar menggunakan pemantik dari bagian bawah poster.

Seketika, asap hitam membumbung tinggi ke udara akibat aksi pembakaran tersebut. Meski begitu, sejumlah massa lainnya tetap berorasi sehingga menambah semangat pihak yang sedang bermain api.

“Hidup buruh! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup perempuan yang melawan!” kata orator dari atas mobil komando.

Meski matahari telah tenggelam di ufuk barat, massa aksi masih tetap bersemangat. Mereka terus berjoget mengikuti irama dari pengeras yang dipasang oleh mobil komando.

Massa Aksi Hari Buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta menyalakan flare sebelum membubarkan diri, Rabu (1/5/2024). [Suara.com/Faqih]Massa Aksi Hari Buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta menyalakan flare sebelum membubarkan diri, Rabu (1/5/2024). [Suara.com/Faqih]

Sementara dari arah mobil komando lainnya juga terlihat massa menyalakan suar atau flare membuat semangat massa aksi makin membara. Sejumlah petasan juga ditembakan ke udara para peserta aksi.

"Salam hormat dari kami. Sampai jumpa besok dalam aksi peringatan Pendidikan Nasional," pekik orator.

Sementara itu, massa aksi mulai ikut bergerak mengingukti arah mobil komando yang mulai bergeser meninggalkan area Patung Kuda.

“Dengan ini aksi May Day telah selesai. Sekali lagi salam hormat dari kami,” kata orator.

Sebelumnya, ribuan buruh menggelar aksi May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Dalam tuntutannya, mereka menuntut 2 hal pokok yakni, pencabutan UU Omnibus Law Cipta Kerja, dan peghapusan outsourcing dalam sistem kerja di Indonesia.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #massa #aksi #bubarkan #diri #flare #dinyalakan #spanduk #jokowi #menyala

KOMENTAR