63 Ribu Hewan Kurban Diprediksi Masuk Jakarta Jelang Idul Adha, KPKP akan Pastikan Kesehatan Hewan
Sekumpulan sapi di tempat penampungan hewan kurban (TPnHK) kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri/aa)
13:40
30 April 2024

63 Ribu Hewan Kurban Diprediksi Masuk Jakarta Jelang Idul Adha, KPKP akan Pastikan Kesehatan Hewan

 - Sebanyak 63 ribu ekor hewan kurban diprediksi akan memasuki Jakarta menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Melansir ANTARA, diperkirakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, peningkatan jumlah hewan kurban dari tahun sebelumnya tidak akan melebihi kisaran 3-7 persen. Hewan-hewan tersebut meliputi sapi, kerbau, kambing, dan domba.

"Kalau belajar dari tahun lalu kenaikan tidak lebih dari 3-7 persen. Kurang lebih ada 63 ribu ekor hewan yang akan masuk ke Jakarta. Itu terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, pihaknya telah berkomunikasi dengan pejabat daerah di luar Jakarta terkait proses pengiriman hewan kurban.

Sebagai contoh, sebanyak 100 ekor sapi dari Banyuwangi dijadwalkan akan tiba di Jakarta. Selain menyertakan surat keterangan kesehatan hewan, pejabat veteriner memastikan bahwa hewan-hewan tersebut berasal dari lingkungan yang bebas dari indikasi penyakit menular.

"Misalnya, ada sapi 100 ekor dari Banyuwangi masuk ke Jakarta. Selain dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan, pejabat otoritas veteriner (POV) memastikan sapi itu berasal dari lingkungan yang tidak pernah terjadi indikasi penyakit menular lainnya," kata Suharini.

Dalam rangka memeta pemetaan pengiriman hewan kurban, Dinas KPKP DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi hewan-hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat Jakarta.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menggandeng dokter hewan untuk memantau kondisi hewan kurban sebelum dan setelah penjualan serta menjelang pemotongan.

Kerja sama juga dilakukan dengan organisasi masyarakat seperti pengurus masjid dan mushala untuk memperkuat pemetaan hewan kurban yang dikirim dari daerah ke Jakarta.

"Termasuk dengan kawan ormas-ormas lain. Misalnya, pengurus masjid dan mushala, yang tahun kemarin sudah dilakukan, sekarang kita tingkatkan kembali," kata Suharini.

Semua langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menjamin kualitas dan kesehatan hewan kurban yang akan tersedia bagi masyarakat Jakarta.

Langkah-langkah preventif ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah dalam memastikan kesejahteraan masyarakat serta keselamatan konsumen.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ribu #hewan #kurban #diprediksi #masuk #jakarta #jelang #idul #adha #kpkp #akan #pastikan #kesehatan #hewan

KOMENTAR