Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Prabowo yang Bakal Rangkul Seluruh Pihak untuk Gabung ke Pemerintahan
Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto saat ditemui awak media usai acara Rakornas BNPB di salah satu hotel di Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2024). 
12:31
24 April 2024

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Prabowo yang Bakal Rangkul Seluruh Pihak untuk Gabung ke Pemerintahan

Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan respons soal penetapan Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) terhadap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 terpilih.

Kata Wapres, dirinya mengapresiasi apa yang menjadi niat Prabowo dalam upaya membangun bangsa Indonesia dengan cara merangkul seluruh pihak.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden terpilih Pak Prabowo yang akan merangkul semua pihak," kata Ma'ruf Amin saat ditemui usai menghadiri acara Rakornas BNPB di Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2024).

Dengan begitu, maka Ma'ruf berharap setelah adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi RI (MK) dan penetapan dari KPU RI ini maka kondisi dinamika politik harusnya kembali kondusif.

Kata dia, seluruh perselisihan yang terjadi dalam pesta demokrasi kemarin harus dihentikan dan buka lembaran baru.

"Artinya kita berharap bahwa setelah putusan MK ini keadaan akan kondusif dan semuanya sudah menghentikan berbagai gugatan. Dan kita akan memulai dengan yang baru yaitu membangun Indonesia yang lebih maju, barangkali itu yang menjadi penting ya," ujar dia.

Kepada para pendukung dari pasangan capres-cawapres nomor urut 1 dan nomor urut 3 yang kalah dalam Pilpres 2024 ini Wapres berharap untuk bisa legawa.

Wapres meminta agar seluruh pendukung untuk bisa menerima apapun yang menjadi keputusan dari MK RI.

"Pernah saya sampaikan bahwa ketika Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan sebaiknya semua menerima keadaan itu," ujar Wapres.

"Dan saya mau terhadap para penggugat ya, Capres nomor 1 maupun nomor 3 yang menerima dengan baik hasil dari pada keputusan Mahkamah Konstitusi," tukas dia.


KPU RI Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Proses penetapan digelar di Kantor KPU RI, Jakarta dan dipimpin oleh langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, Rabu (24/4/2024).

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024," kata Hasyim. 

Prabowo dan Gibran ditetapkan dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. 

Dalam pelantikan hari ini, pasangan 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar turut hadir.

Sejumlah tokoh lainnya juga hadir dari Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Wamenaker Afriansyah Noor

Turut hadir Ketum PSI Kaesang Pangarep, Ketum Demokrat AHY, dan Waketum PKB Jazilul Fawaid

Kemudian dari tim 02 tampak, Sekretaris TKN Prabowo Gibran Nusron Wahid, Ketua TKN Rosan Roeslani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Tim Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #wapres #maruf #amin #apresiasi #prabowo #yang #bakal #rangkul #seluruh #pihak #untuk #gabung #pemerintahan

KOMENTAR