Bobon Santoso Tunjukkan Kampung di Papua Tanpa Listrik, Langsung Dibantu Sosok Ini yang  Sediakan Fasilitas
Profil Bobon Santoso (Instagram/@bobonsantoso)
17:12
18 April 2024

Bobon Santoso Tunjukkan Kampung di Papua Tanpa Listrik, Langsung Dibantu Sosok Ini yang Sediakan Fasilitas

Influencer sekaligus YouTuber Bobon Santoso, baru baru ini menunjukkan kondisi sebagian wilayah Papua yang masih tertinggal. Setelah bercerita panjang lebar di podcast Deddy Corbuzier, Bobon menunjukkan bahwa ada wilayah yang punya fasilitas untuk dialiri listrik tapi tak kunjung mendapat penerangan.

Namun ada salah satu sosok yang ikut membantu tempat Bobon berkunjung di Kampung Banda, Distrik Waris untuk mendapat penerangan.

Melansir dari Instagram @bobonsantoso, influencer yang dikenal dengan konten memasak porsi besar ini menunjukkan suasana malam yang nyaris tak ada penerangan.

"Jadi di sini enggak ada listrik sama sekali. Jadi bukan sehari cuma (menyala) 1 jam ya, tidak ada sama sekali," ujar Bobon dikutip, Kamis (18/4/2024).

Ia pun menunjukkan suasana kampung yang gelap gulita di Distrik Waris. Padahal di sepanjang jalan sudah ada tiang namun tak bisa dialiri listrik, sehingga fasilitas itu tak optimal dimanfaatkan.

"Ini tiang ternyata ada kabel, tapi cuma pasang saja, enggak ada arus sama sekali enggak berfungsi dengan optimal," ujar dia.

Jika malam memang diakui ada beberapa rumah yang terang dengan lampu. Namun itu menggunakan genset yang tentu membutuhkan kost yang tinggi setiap harinya.

Kondisi lokasi yang gelap gulita itu pun mendapat respon dari salah satu orang, yakni Gibran Rakabuming Raka yang sebelumnya sempat berkolaborasi dengan masak besar di Balai Kota Solo 2023 lalu.

Bobon pun mendapat bantuan dari Gibran yang juga berusaha menghubungi PLN di sekitar wilayah untuk memaksimalkan tiang sebagai akses listrik bagi warga.

"Sejak zaman merdeka, akhirnya Kampung Banda, Distrik Waris pertama kalinya akan menyala listrinya. Terima kasih bapak Presiden Jokowi, terima kasi Mas Gibran dan PLN," tulis Bobon.

Unggahan tersebut pun mendapat respon dari netizen. Tak sedikit yang menanyakan bagaimana pihak perangkat kampung termasuk kabupaten yang seharusnya bergerak lebih cepat karena sudah disiapkan tiang penyangga kabel listrik.

Mereka juga mengaku jika saja Bobon tak berkunjung ke Distrik Waris tentu selamanya daerah tersebut tak akan mendapat penerangan yang layak.

"Pusat sampe ngurus beginian, Pemda apa enggak malu?" sindir salah satu netizen.

"Seneng dengernya tapi kapasitas Mas Gibran sebagai apa?. Padahal belum dilantik sebagai wakil presiden. Apakah dengan campur tangan Mas Gibran bakal malah menampar pejabat-pejabat yang ada di Papua? tolong ini dijelaskan," ungkap salah satu netizen.

"Perlu dibikin viral dulu baru deh ditindaklanjuti," kata lainnya.

Seperti diketahui, Bobon Santoso sendiri mengaku memiliki program di YouTube-nya berjudul kuali merah putih. Program itu ia rencanakan akan menyasar seluruh Indonesia dimulai dari wilayah timur, yakni Papua.

Kehadiran Bobon yag memasak dengan jumlah besar tak melulu membahas makanan yang ia sajikan. Namun kondisi wilayah yang terbelakang dan juga kesulitan warga dalam menghidupi dirinya di wilayah tersebut.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #bobon #santoso #tunjukkan #kampung #papua #tanpa #listrik #langsung #dibantu #sosok #yang #sediakan #fasilitas

KOMENTAR