Tak Salahkan Pengelola, Menhub Sebut Tol Bocimi Amblas Karena Faktor Alam
Longsor di Tol Bocimi wilayah Parungkuda, Sukabumi [Ist]
20:16
4 April 2024

Tak Salahkan Pengelola, Menhub Sebut Tol Bocimi Amblas Karena Faktor Alam

Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami longsor pada Rabu (3/4/2024) kemarin malam. Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi longsornya Tol Bocimi bukan diakibatkan oleh kesalahan pengelola, melainkan karena faktor alam.

“(Tol Bocimi longsor) karena itu (faktor) alam, bukan kesalahan pengelola,” ujarnya saat ditemui saat meninjau Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Kamis (4/4/2024).

Budi menjelaskan jika pihaknya sudah menerima laporan tersebut dari Kementerian PUPR dan akan segera menindaklanjuti hal tersebut. Dia juga menyebutkan jika proses pemulihan tol yang amblas itu bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Tentunya kami sudah dapat laporan dari PU dan segera ditindaklanjuti. Pengalaman dari Demak, proses recovery itu bisa dalam waktu singkat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang turut mendampingi Budi di lokasi juga menjelaskan pihaknya segera menyiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif bagi masyarakat yang biasa menggunakan Tol Bocimi.

Dia juga menyebut segera menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat agar bisa segera menggunakan jalur arteri tersebut.

“Ini baru saja kita tentunya harus mempersiapkan alternatif, yaitu mempersiapkan rute arteri untuk bisa digunakan,” ujar Listyo pada kesempatan yang sama.

“Nanti akan kita siapkan sosialisasi petunjuknya. Sehingga masyarakat yang biasanya dilayani dengan jalur Bocimi bisa dilayani dengan jalur arteri dengan tujuan yang sama,” imbuhnya.

Pembangunan Tol Bocimi ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/8/2023) lalu. Pembangunan tol ini menghabiskan dana hingga Rp3,2 triliun.

Kontributor : Putu Yonata Udawananda

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #salahkan #pengelola #menhub #sebut #bocimi #amblas #karena #faktor #alam

KOMENTAR