Jasa Marga Pastikan 59 Rest Area dan 2 Rest Area Siap Dukung Kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H
ilustrasi kondisi rest area./.jasamarga.com
15:40
3 April 2024

Jasa Marga Pastikan 59 Rest Area dan 2 Rest Area Siap Dukung Kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

PT Jasamarga Related Business akan memastikan 59 Rest Area dan 2 Rest Area untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024 secara prima untuk mewujudkan kenyamanan berkendara dan pengalaman mudik ceria penuh makna.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB), berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas di seluruh Rest Area yang dikelola dan dimonitor di ruas Jasa Marga Group.

Dilansir dari Jasamarga.com, Selasa (02/04) Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman menyampaikan bahwa PT JMRB menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas dan pengaturan flow kendaraan masuk dan keluar rest area, termasuk juga memaksimalkan kapasitas kantong parkir kendaraan seiring dengan peningkatan arus lalu lintas di jalan tol pada periode arus mudik dan balik.

"Untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas di Rest Area Travoy yang juga berpotensi menyebabkan antrean ke jalur utama jalan tol, sesuai dengan diskresi Kepolisian kami akan memberlakukan rekayasa buka-tutup rest area untuk mengurai kepadatan serta berkoordinasi dengan pengelola ruas jalan tol dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) ," ujar Denny.

Denny juga menyampaikan akan Jasa Marga akan menyiagakan petugas lalu lintas untuk mengatur arus kendaran yang masuk dan keluar rest area dan menyiapkan rambu-rambu portable.

Denny menambahkan, PT JMRB akan mengoptimalkan teknologi pemantauan kepadatan kendaraan melalui Rest Area Management System (RAMS) yang digunakan petugas yang berintegrasi dengan Dynamic Message Sign (DMS) yang terdapat pada aplikasi Jasamarga integrated Digitalmap (JIS) dan aplikasi Travoy yang bisa diakses pengguna jalan.

"Dengan melihat kapasitas parkir yang terdapat di DMS dan juga memantau kondisi lalu lintas secara real time di aplikasi Travoy, pengguna jalan dapat mengatur perjalanan dan memutuskan untuk tetap masuk ke rest area terdekat atau ke rest area selanjutnya”. jelas Denny.

Denny pun mengimbau untuk tidak memaksakan berhenti di rest area yang terpantau padat dan mematuhi petugas pengatur lalu lintas serta mencari alternatif keluar tol untuk mencari tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Pengguna jalan tidak perlu khawatir jika harus keluar jalan tol di tengah perjalanan mudik, terutama untuk perjalanan di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

karena tarif di seluruh ruas Jalan Tol Trans Jawa dikenakan berdasarkan jarak yang ditempuh sehingga tidak perlu ada kekhawatiran membayar tarif sebanyak dua kali karena harus keluar dan masuk kembali ke jalan tol.

“Untuk itu kami mohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak lagi memaksakan parkir di bahu jalan di sekitar rest area yang ditutup karena padat. Dengan seperti ini, kapasitas lajur jalan tol semakin berkurang sehingga makin padat," imbuhnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jasa #marga #pastikan #rest #area #rest #area #siap #dukung #kelancaran #arus #mudik #balik #hari #raya #idul #fitri #1445

KOMENTAR