Bandara Internasional Dhoho Kediri Bakal Beroperasi pada 5 April 2024 Mendatang? Simak Fakta-faktanya
Para pejabat mengecek kesiapan Bandara Dhoho Kediri, Sabtu (30/3). (Foto: Wahyu Adji/JPRK)
11:48
31 Maret 2024

Bandara Internasional Dhoho Kediri Bakal Beroperasi pada 5 April 2024 Mendatang? Simak Fakta-faktanya

 

 Setelah ditunggu berbulan-bulan lamanya oleh berbagai pihak, akhirnya kepastian jadwal operasional Bandara Internasional Dhoho Kediri mendapat kepastian.

Dilansir dari Radar Kediri (JawaPos Grup), Minggu (31/3), bandar udara yang pembangunannya menelan anggaran sekitar Rp 13 triliun tersebut, akan melayani penerbangan komersil mulai hari Jumat 5 April 2024 mendatang.

Hal ini dipastikan setelah kedatangan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, yang disebut-sebut tengah mengecek kesiapan operasional bandara yang tinggal enam hari lagi.

“99 persen beroperasi 5 April, satu persennya itu sudah Gusti Allah,” kata sumber media ini yang terkait dengan otoritas penerbangan.

Selain itu, yang membuat hal ini lebih pasti lagi adalah adanya pengumuman resmi dari akun Instagram dhoho.international.airport. Di sana disebutkan, jika Citilink akan membuka rute Jakarta-Kediri mulai Jumat (5/4) pagi.

Meski begitu, Humas Citilink Rizky Ahmad belum bisa dikonfirmasi terkait kesiapan maskapai Citilink untuk melayani penerbangan di rute Kediri-Jakarta tersebut. Dihubungi Radar Kediri (JawaPos Grup) ini melalui WhatsApp, Rizky belum merespons.

Dikabarkan sebelumnya, bukan hanya Citilink saja yang sudah mendapat izin dari Kementerian Perhubungan untuk membuka rute penerbangan di Bandara Dhoho, tetapi ada juga Batik Air dan Super Air Jet.

Kemudian, selain rute penerbangan Kediri-Jakarta, Bandara Dhoho juga sudah menyiapkan rute penerbangan ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Kediri-Makassar, Kediri-Bali, Kediri-Batam, dan beberapa kota lainnya.

Di lain sisi, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana diketahui telah mengecek bandara pada hari Sabtu (30/3) kemarin sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam kunjungannya itu, keduanya langsung mengecek beberapa area seperti area terminal penumpang. Mulai area keberangkatan hingga kedatangan.

Selain itu, mereka juga melihat area apron bandara. Usai mengecek secara detail, Adhy dan rombongan langsung meninggalkan bandara sekitar pukul 17.00 WIB.

Sayangbya, baik Adhy maupun Dhito memilih tutup mulut. “Akan kami jelaskan jika nanti sudah ada tanggal beroperasi,” janji Dhito diikuti Adhy yang langsung meninggalkan Bandara Dhoho.

Terpisah, General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Kediri I Nyoman Noer Rohim mengatakan, Bandara Dhoho sudah siap beroperasi sejak lama.

“Secara kesiapan operasional, Bandara Dhoho sudah siap 100 persen,” terang kepada media ini kemarin sore.

Menurutnya, hak tersebut dapat dibuktikan dari tiga kali uji coba yang dilakukan. Setidaknya ada tiga private jet yang sudah take off dan landing di Bandara Dhoho. Hasilnya, disimpulkan bandara sudah siap beroperasi.

Namun, Noer Rohim mengaku masih ada banyak hal yang harus disiapkan jelang pembukaan operasional bandara. Salah satunya terkait izin maskapai.

Hingga kemarin, menurutnya seluruh proses perizinan itu tengah berjalan. “Untuk penerbangan secara reguler sedang berproses untuk perizinan,” paparnya.

Terkait kabar bandara akan beroperasi pada 5 April, Nyoman memilih memberi jawaban normatif. “Kami belum bisa memastikan,” elaknya.

Meski demikian, dia berharap bandara bisa beroperasi dalam waktu dekat. “Untuk tanggal kami belum tahu. Namun semoga sebelum Idul Fitri,” bebernya lagi-lagi belum bersedia memberi kepastian tanggal operasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bandara #internasional #dhoho #kediri #bakal #beroperasi #pada #april #2024 #mendatang #simak #fakta #faktanya

KOMENTAR