Beasiswa Unggulan 2024 Dibuka April Mendatang, Simak Jenis, Syarat hingga Cakupan Biaya yang Diterima Mahasiswa
Foto wisuda (foto gratis di Pixabay)
11:48
21 Maret 2024

Beasiswa Unggulan 2024 Dibuka April Mendatang, Simak Jenis, Syarat hingga Cakupan Biaya yang Diterima Mahasiswa

 - Kabar gembira bagi para pejuang perguruan tinggi, sebab tak lama lagi Beasiswa Unggulan tahun 2024 akan segera dibuka.   Merujuk informasi dari website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Kamis (21/3), beasiswa ini akan dibuka pada periode April-Mei 2024.   Rencananya beasiswa ini akan mencakupi sekitar 1.000-2.000 mahasiswa pada jenjang S1 sampai dengan s3 di tahun ini.   Calon beasiswa harus memenuhi syarat khusus untuk mengikuti seleksi. Salah satu dokumen yang perlu disiapkan oleh peserta adalah penyertaan sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) untuk membuktikan kemampuan bahasa Indonesia yang baik.   Lalu apa saja jenis Beasiswa Unggulan serta syarat pendukungnya? Berikut informasi yang dikutip langsung dari website Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023, pada Rabu (20/3).  

  Jenis Beasiswa Unggulan    Terdapat tiga jenis beasiswa yang dapat diapply pada Beasiswa Unggulan 2024, yaitu:   - Beasiswa Masyarakat Berprestasi: Beasiswa Unggulan yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosial, serta spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3.   - Beasiswa Pegawai Kementerian: Beasiswa khusus yang berikan bagi pegawai Kemendikbudristek untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3.   - Beasiswa Unggulan Penyandang Disabiltas: Darmasiswa ini diperuntukkan khusus bagi penyandang disabilitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3.   Syarat Beasiswa Unggulan   Para calon penerima beasiswa perlu mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengakses Beasiswa Unggulan. Adapun syarat Beasiswa Unggulan terbagi menjadi dua, yakni syarat umum dan syarat khusus.  

  1. Syarat Umum   - Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non-akademik tingkat internasional dan nasional   - Mendapat rekomendasi dari institusi terkait   - Tidak sedang menerima beasiswa yang sejenis dari sumber lain   - Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama   - Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B dan pada program studi terakreditasi paling rendah B atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Kemendikbudristek   - Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler   - Berkomitmen untuk mempertahankan IPK minimal 3,00 pada program S1, 3,25 pada program S2 dan S3.  

  2. Syarat Khusus   Selain syarat umum, calon pendaftar Beasiswa Unggulan juga perlu menyiapkan berkas- berkas khusus seperti Sertifikat UKBI, sertifikat Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi mahasiswa baru, surat keterangan aktif kuliah, hingga memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris, TOEFL ITP/PBT: 500, PTE Academic: 34, IBT: 52, IELTS: 5.0.    Komponen Biaya Beasiswa Unggulan   Beasiswa unggulan ini memberikan sejumlah komponen untuk mendukung kelancaran studi penerima mahasiswa. Dikutip dari buku panduan Beasiswa Unggulan 2023 berikut informasinya.   - Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi: Biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku.   - Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek: Biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian-tunjangan, dan transpor tujuan studi PP.   - Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas: Biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, dan biaya hidup pendamping.    ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #beasiswa #unggulan #2024 #dibuka #april #mendatang #simak #jenis #syarat #hingga #cakupan #biaya #yang #diterima #mahasiswa

KOMENTAR