Mahfud MD: Pak Jokowi Itu Ibadahnya Terjaga, Kalau Waktunya Salat, Dia Salat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menunaikan salat di Masjid At-Taufiq, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Agus Suparto)
07:32
18 Maret 2024

Mahfud MD: Pak Jokowi Itu Ibadahnya Terjaga, Kalau Waktunya Salat, Dia Salat

Beredar video lawas mantan Menteri Menko Polhukam Mahfud MD yang menceritakan momen dirinya terkejut karena ibadah seorang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mahfud mengatakan bahwa Jokowi jika waktunya salat, dia akan salat apapun kondisinya, meski sedang berada di forum internasional.

Mahfud MD menceritakan di awal ia menjadi Menko Polhukam dan mendampingi Jokowi untuk datang ke KTT ASEAN yang berlangsung di akhir Oktober 2019. Saat itu, Mahfud belum ada sebulan duduki jabatan sebagai Menko Polhukam.

"Pak Jokowi itu ibadahnya terjaga. Duduk di forum internasional pun kalau waktunya salat, dia salat," kata Mahfud MD seperti dikutip, Senin (18/3).

"Itu pengalaman pertama saya kaget gitu. Saya baru, belum sebulan jadi Menko Polhukam. Berangkat ke KTT ASEAN. Kan ini rombongan pak Jokowi di depan gini kan. Ini pak Presiden, lalu di belakang ada saya, bu Retno (Marsudi), setiap acara gitu,"

"Lalu pak Jokowi keluar. Protokolernya kan, kalau pimpinan keluar yang di belakangnya maju. Saya disuruh maju oleh bu Retno, 'maju pak', lho bu, saya duduk sama presiden-presiden itu? 'iya', lha presiden Jokowi kemana? 'salat', katanya begitu," cerita Mahfud MD.

Tidak hanya satu kali Mahfud MD memiliki pengalaman bahwa Presiden Jokowi begitu terjaga ibadahnya meski sedang berada di forum internasional.

  • Artikel Insiden 18 Maret 2024, Ungkap Kejadian Perencanaan Pembunuhan Pejabat Penting Indonesia

Mafhud MD menjelaskan bahwa di forum internasional, saat mendapat jatuh waktu istirahat, Jokowi biasanya mengatur untuk makan siang dan salat. Hal itu menjadi kebiasaan Jokowi saat menghadiri forum-forum internasional.

"Kemarin di Kamboja juga begitu. Waktunya siang, diberi waktu makan siang satu jam, Pak Jokowi makannya 20 menit aja. 40 menit sisanya diatur 30 menit sisanya tuh salat sendiri," jelas Mahfud MD.

Video lawas cerita Mahfud MD ini pun mendapat banyak kometar dari netizen di platform Instagram.

"sebaik apapun Pak Jokowi tetap salah di mata mereka para pembenci," komentar salah satu netizen.

"Inget kata Fahri Hamzah, "Pak Mahfud adalah org Paling setia thd Pak Jokowi," sambung akun lainnya.

"Semoga pak Jokowi dan keluarga senantiasa sehat dan dalam lindungan Allah swt," ungkap netizen lain.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #mahfud #jokowi #ibadahnya #terjaga #kalau #waktunya #salat #salat

KOMENTAR