Niat Selamatkan Nyawa, Ini Detik-detik Anggota Basarnas Jatuh Didorong Warga Hendak Bunuh Diri di Jayapura
Detik-Detik Mencekam: Anggota Basarnas Gugur Jatuh dari Tower Saat Selamatkan Remaja Bunuh Diri [Tangkap Layar Twitter]
00:28
15 Maret 2024

Niat Selamatkan Nyawa, Ini Detik-detik Anggota Basarnas Jatuh Didorong Warga Hendak Bunuh Diri di Jayapura

Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo mengatakan satu orang anggotanya tewas usai didorong seorang warga yang hendak bunuh diri dari atas sebuah menara atau tower. Anggota Basarnas Papua yang gugur bernama Tri Sudarno.

"Tim kita yang ada di Jayapura itu melaksanakan operasi penyelamatan orang yang mau bunuh diri di tower-nya Telkomsel ya, dengan ketinggian antara 40-30 meter," kata Kusworo ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Kusworo menyampaikan detik-detik sebelum anggotanya gugur. Saat itu kata dia, ada satu tim yang naik ke tower tersebut untuk membujuk korban. Ketika sudah turun di ketinggian 15 meter, tiba-tiba seseorang yang ditolong justru mendorong anggota Basarnas.

"Satu tim naik, dirayu, dibujuk, dan sebagainya. Sampai turun sekitar 15 meter, tapi di luar dugaan si korban ini dorong daripada tim kami sehingga jatuh bersama dan pada akhirnya dinyatakan meninggal 1 orang itu juga tim kami," jelas dia.

Sebelumnya beredar sebuah video merekam detik-detik seorang petugas Basarnas bernama Tri Sudarno, anggota Basarnas Papua, gugur usai terjatuh dari tower saat berusaha menyelamatkan seorang remaja yang berniat bunuh diri.

Dari video yang beredar viral, terlihat upaya sejumlah petugas Basarnas untuk membawa turun seorang remaja berusia 20 tahun yang berniat melakukan usaha bunuh diri.

Namun saat sedang proses evakuasi remaja tersebut, terlihat korban Tri Sudarno alami nasib nahas. Ia terjatuh dari tower tersebut dan meninggal dunia.

Peristiwa tragis tersebut terjadi pada Kamis (14/3/2024). Saat itu Basarnas Jayapura, Papua mendapat laporan dari warga bahwa pada pukul 10:08 WIT, seorang remaja naik ke atas tower milik Telkomsel yang berlokasi di Sentani Barat.

Mendapat laporan dari warga, tim Rescues Basarnas segera dipersiapkan untuk menuju ke lokasi. Para petugas berangkat sekitar pukul 10:15 WIT dengan membawa peralatan vertical rescue.

Saat tiba di lokasi, petugas langsung bergerak memasang sistem dan persiapan penyelamatan korban. Menurut Kepala Kantor SAR Jayapura, Mlekianus Kotta, petugas Basarnas melakukan evakuasi korban dari ketinggian sekitar 50 meter.

Proses evakuasi awalnya berjalan lancar, namun di ketinggian 15 meter, remaja yang berniat bunuh diri itu melakukan perlawanan. Petugas Basarnas kemudian menahan diri dan berpegangan di besi tower.

Remaja itu terus meronta saat akan dievakuasi, petugas Basarnas Tri kemudian berusaha melalukan kontak dengan rekannya di atas tower terkait posisi bilay tali.

Di posisi itu, tali yang mengikat Tri dan remaja itu dalam posisi diam sehingga terjadi penumpukan tali. Remaja itu kemudian mendorong Tri hingga ia panik dan melepas tangan dari tali dan terjatuh. Korban kemudain dievakuasi ke RS Yowari, Papua.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #niat #selamatkan #nyawa #detik #detik #anggota #basarnas #jatuh #didorong #warga #hendak #bunuh #diri #jayapura

KOMENTAR