Archworks 8 UPJ Rampung Digelar, Ketua Pelaksana: Diharapkan Memberi Gambaran Kebutuhan Ruang Kota yang Baik
Archworks 8, sebuah acara besar yang diselenggarakan secara berkala oleh Prodi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), selesai digelar pada Sabtu (9/3/2024). (Dimas Choirul/JawaPos.com)
16:40
9 Maret 2024

Archworks 8 UPJ Rampung Digelar, Ketua Pelaksana: Diharapkan Memberi Gambaran Kebutuhan Ruang Kota yang Baik

      - Acara Archworks 8, sebuah acara besar yang diselenggarakan secara berkala oleh Prodi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), selesai digelar pada Sabtu (9/3/2024).   

  Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari di Bintaro Jaya Xchange, Tangerang Selatan itu mengusung tema "Creative Placemaking: Encouraging Sustainability" yang disajikan dalam bentuk talkshow dan diskusi dengan mengundang sejumlah narasumber ahli.   "Bersyukur kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan baik," ujar Ketua Pelaksana Archworks 8 Ahmad Sohir kepada JawaPos.com.   Menurut Sohir, tema yang diangkat dalam acara ini mewakili sejumlah keresahan terkait fenomena ruang kota yang disebutnya masih ada ketimpangan.    "Ruang kota ini ada yang sangat maju, ada juga yang belum maju. Seperti tadi dijelaskan ada ruang yang aktif, pasif, terus juga kumuh, indikasi tingkat kriminal yang tinggi, nah itu kita melihat di situ. Kita coba mau gambarin gimana cara kita bisa mengaktifkan ruang-ruang ini agar bisa kembali menjadi salah satu urban di kota yang sama sama maju lewat cara yang sederhana, terus juga dimaksimalkan oleh semua masyarakat," jelasnya.   Selanjutnya, potret individualisme masyarakat kota yang dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas komersil. Menurut Sohir, banyaknya fasilitas komersil yang dibangun di sejumlah fasilitas umum membuat rasa individualisme masyarakat semakin tinggi.   "Ada di ruang kota seperti stasiun, area tod, itu ternyata kita engga cukup bersosialisasi. kita fokus pada diri kita masing-masing. Buat apa mikir orang lain. Fokus pada diri kita. Nah itu yang ingin kita ubah agar kita sama sama kolaboratif," imbuhnya.   "Terus ketiga, kita melihat ruang kota juga mulai dari gadget, medsos, itu anak-anak muda sekarang yang mulai melupakan budaya kita yang asli. Dan ini kita coba encourage kembali lewat acara Arcworks 8 ini," tambah Sohir.   Untuk itu, Sohir berharap, kegiatan ini mampu memberikan gambaran serta pengetahuan terkait kebutuhan ruang kota kepada anak muda khususnya mahasiswa ataupun pelajar yang bergelut di bidang arsitektur dan tata kota.  

  "Harapannya yang pertama semoga dari paparan pemateri yang disampaikan bisa memberikan gambaran terkait kebutuhan ruang kota. Selain itu bisa mengelevate dari kegiatan yang bisaa membentuk lifestyle kita yang lebih baik jauh dengan cara yang gampang dan mudah," pungkasnya. (*)      

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #archworks #rampung #digelar #ketua #pelaksana #diharapkan #memberi #gambaran #kebutuhan #ruang #kota #yang #baik

KOMENTAR