Potensi Beda Penentuan Awal Ramadhan 1445 H, Kemenag Kabupaten Gresik: Posisi Hilal Masih di Bawah Dua Derajat
Proses rukyatul hilal di Balai Rukyat LFNU, Bukit Condrodipo Gresik pada tahun 2023 lalu./ Fathia Ainur Rofiq/Radar Gresik
07:32
6 Maret 2024

Potensi Beda Penentuan Awal Ramadhan 1445 H, Kemenag Kabupaten Gresik: Posisi Hilal Masih di Bawah Dua Derajat

 

 – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik mengatakan bahwa penentuan awal Ramadhan 1445 Hijriah diprediksi akan jatuh pada hari yang berbeda.

Hal itu karena, Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1445 H jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 mendatang, sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2024.

Sementara itu, pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU), diketahui masih menunggu hasil rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadhan.

Meski demikian, Kepala Kemenag Gresik, Dr. H. Moh Ersat menyebutkan bahwa, berdasarkan hasil hisab yang telah dilakukan oleh Kemenag Gresik di Bukit Condrodipo, kemungkinan hilal masih belum terlihat pada hari Minggu (10/3) nanti.

“Kalau melihat ini kemungkinan akan ada perbedaan awal Ramadhan karena pada saat dilakukan Rukyatul Hilal tanggal 10 Maret 2024 posisi hilal masih di bawah dua derajat,” ujarnya seperti dilansir dari Radar Gresik (JawaPos Group).

Kendati demikian, kemungkinan besar penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah versi pemerintah akan dimulai pada hari Selasa (12/3) mendatang.

“Ada selisih satu hari,” ucap Kepala Kemenag Kabupaten Gresik itu.

Oleh karena itu, Ia mengimbau bahwa umat Islam harus tetap saling menghargai dalam menyikapi perbedaan penentuan awal Ramadhan 1445 Hijriah ini. Karena perbedaan itu hal yang wajar dan biasa.

Alhasil, umat Islam harus menjaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda.

“Perbedaan itu hal biasa dan merupakan rahmat, oleh karenanya kita harus saling menghargai perbedaan itu dan tetap menjaga persatuan di antara kita,” pungkasnya.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #potensi #beda #penentuan #awal #ramadhan #1445 #kemenag #kabupaten #gresik #posisi #hilal #masih #bawah #derajat

KOMENTAR