Adik Gathan Saleh Hilabi Pelaku Penembakan Ternyata Caleg dari Golkar
Adik Gathan Saleh Hilabi Pelaku Penembakan Ternyata Caleg dari Golkar [Instagram @nofelsh]
15:24
27 Februari 2024

Adik Gathan Saleh Hilabi Pelaku Penembakan Ternyata Caleg dari Golkar

Pelaku penembakan yang terjadi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada awal Februari 2024 akhirnya terkuak. Pelaku ialah Gathan Saleh Hilabi. Gathan ternyata diketahui adik dari caleg partai Golkar di Pemilu 2024, Nofel Saleh Halibi.

Nofel menjadi caleg untuk kursi DPR RI Dapil Depok dan Bekasi. Pada Pemilu 2014, Nofel juga maju menjadi caleg DPR RI untuk dapil Jawa Barat III (Cianjur dan Kota Bogor).

Sepak terjang Nofel di kancah politik sempat menyita perhatian. Di Bekasi, Nofel sempat melayangkan gugatan kepada Ade Puspita, putri dari eks walkota Rahmat Effendi.

Ade Puspita sebelumnya hasil Musda V DPD Partai Golkar pada Oktober 2021 ditetapkan sebagai ketua DPD Golkar Kota Bekasi pada 2020-2025.

Seperti diketahui, jabatan Ketua DPD Golkar Kota Bekasi sempat menjadi sengketa. Menurut kubu Ade Puspitasari, merekalah yang memenangkan itu. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya SK oleh Plt Ketua Golkar Jawa Barat.

Namun menurut kubu Nofel Saleh Hilabi, SK tersebut tidak sah dan kini jabatan Ketua Partai Golkar Kota Bekasi masih dibicarakan di tingkat Mahkamah Partai.

Nofel sendiri sempat melakukan gugatan kepada Ade Puspita, terkait hasil musyawarah Daerah (Musda) V Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai Golkar Kota Bekasi 29 Oktober 2021.

Namun gugatan dari Nofel itu ditolak oleh Pengadilan Negeri Kota Bekasi pada 15 September 2022.

Pada pemilu 2024, Nofel maju sebagai caleg Golkar untuk kursi DPR dan mendapat dukungan dari sejumlah pihak seperti ormas Forum Betawi Rempug (FBR).

Di akun Instagram miliknya, Nofel juga sempat mendapat 'endorse' dari Jhon LBF, salah satu pengusaha sukses. Di postingan tersebut, Jhon meminta warga untuk coblos Nofel yang mendapat nomor urut 3.

Di luar aktivitas politiknya, Nofel juga sempat dikabarkan menjalin hubungan asmara dengan Aurelie Moeremans pada 2022.

Kasus Penembakan Gathan Saleh Halibi

Mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke, Gathan Saleh Hilabi menjadi pelaku penembakan di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada awal Februari 2024.

"Gathan Saleh," kata Mohammad Andika Mowardi selaku korban, Selasa (27/2/2024).

Gathan Saleh Hilabi sebenarnya berteman baik dengan korban. Namun sebelum peristiwa penembakan terjadi, situasi hubungan Gathan dan korban memang sedang tidak baik.

"Temenan, kami temenan. Keluarganya juga deket. Tapi memang lagi ada perselisihan dikit, urusan kerjaan," imbuh Mohammad Andika Mowardi.

Korban sudah tidak mengingat jelas kronologi kejadian saat penembakan berlangsung. Ia cuma ingat bahwa sempat ada adu mulut dengan Gathan sebelum ditodong pistol di dekat kantornya.

"Saya kan lagi beli Indomie. Pas saya balik lagi, sudah ada mobil berhenti dekat kantor, saya sudah ditunggu sama dia. Kami terus cekcok mulut, lalu dia nodongin pistol ke kepala saya," kata Mohammad Andika Mowardi mengungkap kronologi.

Korban sempat menyelamatkan diri setelah Gathan Saleh Hilabi menodongkan pistol. Ia lari ke dalam kantor dengan tujuan meredakan emosi Gathan.

"Saya sempet lari ke atas," ucap Mohammad Andika Mowardi.

Beberapa saat setelahnya, korban mengira emosi Gathan Saleh sudah mereda. Ia keluar lagi untuk menemui Gathan dan bertanya apa maksud penodongan itu.

Namun setibanya di depan muka Gathan, korban langsung ditembak. Beruntung, peluru dari pistol Gathan tidak mengenainya.

"Saya keluar lagi kan. Saya tanya sama dia, 'Ada apa, Than? Ada masalah apa?'. Tiba-tiba dia langsung kokang pistolnya, dia arahkan ke saya, tapi saya bisa menghindar," ucap Mohammad Andika Mowardi.

"Ada tiga kali tembakan. Dua kali ke arah saya, sekali ke aspal. Itu peluru lewat samping kuping saya persis," imbuh Andika.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #adik #gathan #saleh #hilabi #pelaku #penembakan #ternyata #caleg #dari #golkar

KOMENTAR