Penampakan Para Menteri Prabowo Pakai Seragam Loreng Ikut Pembekalan di Akmil Magelang
Penampakan para menteri dan wakil menteri Prabowo pakai seragam loreng 
06:47
25 Oktober 2024

Penampakan Para Menteri Prabowo Pakai Seragam Loreng Ikut Pembekalan di Akmil Magelang

Seluruh menteri dan wakil menteri Anggota Kabinet Merah Putih mulai menjalani pembekalan  di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah hari ini, Jumat (25/10/2024).

Para pembantu Presiden Prabowo itu kini mulai memakai seragam loreng lengkap dengan topi yang juga loreng.

Wakil Menteri  Lingkungan Hidup Diaz Hedropriyono  memposting para menteri memakai seragam loreng di media sosialnya pagi ini.

Dia tampak berpose bersama sejumlah menteri yang juga menggunakan seragam loreng.

Seperti Menteri Investasi dan Hilirisas Rosan Roeslani, Menteri ESDM Bahlil Lahadali, Menko Pangan Zulkifli Hasan (Zulhas), serta Menko Infrastruktur dan Pembangunan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Viral foto Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengenakan seragam loreng jelang pembekalan atau retreat di Akmil, Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Viral foto Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengenakan seragam loreng jelang pembekalan atau retreat di Akmil, Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. ( DOK PRIBADI)

Alasan pakai seragam loreng

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, Rabu (23/10/2024), mengatakan pemakaian seragam ala militer kepada para anggota kabinet  untuk kekompakan dan gerak badan supaya hangat.

"Kita ada seragam buat gerak badan, untuk belajar gerak badan biar hangat. Ada seragamnya, buat kekompakan, jadi seragam buat kekompakan itu juga penting," ucapnya.

Dia menegaskan kegiatan di Akmil Magelang untuk menggembleng para menteri


"Beliau (Prabowo) bilang tidak usah takut. Ini bukan Ospek atau militerisme," kata Hasbi.

Prabowo, kata dia,  mengatakan maksud kegiatan tersebut untuk membangun kebersamaan, keguyuban, team building (pembangunan tim), serta melakukan koordinasi-koordinasi antar kementerian dan lembaga.

"Jadi ini sebuah tim building, tapi sekaligus juga koordinasi-koordinasi antar kementerian," jelasnya.

Lalu apa saja kegiatan para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, dan staf khusus presiden selama 3 hari mengikuti pembekalan di Akmil Magelang?

Makan Malam dan Silaturahmi

Kamis (24/10/2024) malam, para anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran menjalani malam pertama di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.

Tak ada acara khusus di hari pertama mereka tiba di Akmil Magelang.

Kegiatan diisi dengan makam malam dan silaturahmi.

 
Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan tidak ada agenda formal untuk para menteri, wakil menteri, dan kepala badan anggota Kabinet Prabowo di Akmil.

"Cuma makan malam sambil silaturahim ngobrol-ngobrol kemudian acara bebas, tidak ada agenda," kata Raja kepada wartawan.

Acara makan malam atau dinner tersebut hanya diikuti Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan dan Wakil Kepala Badan.

"Pak Presiden dan Mas Wapres tidak ikut serta," ucapnya. 

Materi Pembekalan

Hari ini kegiatan pembekalan akan dibuka langsung oleh Presiden Prabowo Subianto.

"Esok hari, Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Dalam kegiatan ini, para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus, dan Staf Khusus Presiden akan mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

 Sejumlah calon menteri tiba di Padepokan Garuda Yaksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan memberikan pembekalan sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri atau kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan di Hambalang. Warta Kota/Yulianto (/Warta Kota/Yulianto)
Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, para peserta retreat juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.

Hal itu kata Hasan Nasbi, sesuai keinginan Presiden Prabowo untuk membentuk tim super dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," ungkapnya. 

Bocoran Kegiatan di Magelang

Selama empat hari di Akmil, para menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga akan menjalani serangkaian kegiatan.

Mulai olahraga pagi, upacara, dan pembekalan program kerja. 

Wamendagri, Bima Arya, menyebut para menteri juga diminta untuk membawa pakaian olahraga.

"Diminta juga bawa baju olahraga," katanya.

Adapun salah satu agenda penting adalah pembekalan program kerja prioritas, di mana setiap kementerian akan memaparkan rencana kerja mereka.

Sementara Menteri Sekretaris Negara, Prasetyo Hadi, menjelaskan acara ini juga akan membahas program kerja prioritas dari masing-masing kementerian dan memastikan koordinasi antarlembaga negara dapat berjalan. 

"Ini kan belum semua saling mengenal dengan jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu. Tentu membutuhkan kerja sama yang erat," jelas Prasetyo. 

Selain paparan program kerja, ada pula agenda team-building yang dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo. 

Menurut Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi, fokus utama dari pembekalan ini adalah memperkuat kedisiplinan di antara anggota kabinet. 

"Kita ikut perintah dari Jumat sampai Minggu. Harus solid kan team-building," kata Budi Arie Setiadi.

Kepala Seksi Penerangan Umum Akmil Kapten (Cke) Nurul Muntaha menuturkan, kegiatan Kabinet Merah Putih akan digelar di Borobudur International Golf & Country Club yang berada di kompleks Akmil

"Kegiatan tersentral di lapangan golf Borobudur," kata Nurul Muntaha dikutip dari  Kompas.com, Senin (21/10/2024). 

Menurutnya, kegiatan itu hanya berlangsung di lapangan golf dan tidak sampai area kompleks pendidikan para taruna Akmil

Sebagai tempat bermalam para anggota kabinet, pihaknya telah menyiapkan 120 tenda di lokasi acara. 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #penampakan #para #menteri #prabowo #pakai #seragam #loreng #ikut #pembekalan #akmil #magelang

KOMENTAR