Fakta-fakta Rencana Pembekalan Menteri-Wamen Prabowo di Akmil Magelang
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama Menteri Kabinet Merah Putih usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024). Kabinet Merah-Putih akan mengikuti pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan ini. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
15:52
23 Oktober 2024

Fakta-fakta Rencana Pembekalan Menteri-Wamen Prabowo di Akmil Magelang

- Para menteri dan wakil menteri Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan ini. 

Menurut rencana, acara yang diikuti para menteri dan wamen Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan berlangsung selama tiga hari pada 25-27 Oktober 2024.

Berikut selengkapnya mengenai fakta-fakta soal rencana pembekalan Kabinet Merah Putih: 

Alasan Prabowo 

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Dyah Roro Esti membeberkan alasan Prabowo memberikan pembekalan kepada para menteri dan wamen di Akmil Magelang.

Roro mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menghindari munculnya ego sektoral di antara kementerian.

Kegiatan di Akmil Magelang itu juga diharapkan bisa menumbuhkan semangat kerja sama lintas kementerian.

"Bapak Presiden kemarin menyampaikan bahwa yang terpenting adalah tidak munculnya ego sektoral."


"Maka kenapa diadakannya Hambalang Retreat, diadakannya nanti sesi di Magelang, itu sebetulnya untuk menimbulkan esensi semangat kerja sama lintas kementerian," katanya, di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Team Building 

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya, membocorkan sejumlah rencana kegiatan para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih. 

Meski belum mengetahui secara pasti detail acara, Bima memprediksi, kegiatan di Akmil Magelang nanti akan bernuansa penguatan tim. 

"Dari instruksi yang disampaikan kepada anggota kabinet, kelihatannya memang nuansanya adalah nuansa team building kuat di situ," ucap Bima dalam Program Kompas Petang KompasTV, dikutip Selasa (22/10/2024).

Pakai Seragam Loreng

Bima mengatakan, para peserta nanti akan menginap di tenda. 

Ia juga menuturkan bahwa, para menteri dan wamen sudah dikirim seragam lapangan untuk acara nanti. 

"Kami sudah dikirimi untuk pakaian lapangan, jadi ada pakaian loreng, ada kaos, baju, seragam yang menyerupai militer untuk kegiatan-kegiatan di sana." 

"Dan berdasarkan informasi, memang menginapnya itu juga di tenda," katanya. 

"Jadi ini sesuatu yang sangat-sangat berbeda dan rasanya kami antusias untuk mengikuti itu," lanjutnya. 

Nuansa militer bakal kental terasa dalam pembekalan Kabinet Merah-Putih nantinya. 

120 Tenda Disiapkan

Kepala Seksi Penerangan Umum Akmil Kapten (Cke) Nurul Muntaha menuturkan, kegiatan Kabinet Merah Putih itu akan digelar di Borobudur International Golf & Country Club yang berada di kompleks Akmil.

“Kegiatan tersentral di lapangan golf Borobudur,” ucapnya, Senin (21/10/2024) dikutip dari KompasTV. 

Menurut rencana, kegiatan itu hanya berlangsung di lapangan golf dan tidak di kompleks pendidikan.

 “Sementara di sana semua,” ungkapnya.

Di lokasi acara akan dilengkapi dengan 120 tenda yang menjadi tempat bermalam bagi anggota Kabinet Merah Putih.

Sebelumnya, Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi, mengatakan, materi yang akan dibahas seputar team building,

AHY Berasa Nostalgia 

Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut suka cita soal rencana pembekalan esok. 

"Yang jelas semangatnya yang saya tahu, melanjutkan pembekalan-pembekalan yang dilakukan oleh pak Presiden Prabowo sendiri, termasuk juga semakin dekat antarmenteri, antarwamen," kata AHY saat kunjungan kerja ke Kementerian Transmigrasi RI, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu menyatakan, sejatinya untuk sebuah kabinet baru memang diperlukan kondisi saling kenal.

Hal itu penting karena para jajaran di kabinet akan menjadi satu kesatuan untuk berkoordinasi di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Karena memang di awal-awal kabinet baru ini tentu perlu lebih saling mengenal, kalau sudah saling mengenal bisa saling berkoordinasi dengan lebih baik," ujar dia.

AHY menyatakan, momen kembali ke Akademi Militer Magelang akan menjadi suatu hal yang spesial baginya.

Lantaran, Mantan Menteri ATR/BPN itu merasa bernostalgia karena pernah berpendidikan sebagai prajurit hingga perwira TNI di tempat tersebut.

"Kembali ke Akademi militer itu pasti ada nostalgianya karena kami ditempa disana sebagai seorang taruna dan menjadi perwira disana. Akademi militer rasanya itu sebuah lembaga yang dikenal sampai dengan hari ini mencetak kader-kader patriot, pemimpin, tak hanya di militer, tapi juga di semua lini profesi dan pengabdian," ucap AHY.

Atas hal itu, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menyambut baik soal rencana pembekalan yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto itu.

Pengamanan Diperketat 

Apel gelar pasukan di lapangan Rindam Kota Magelang, Rabu (23/10/2024). Apel gelar pasukan di lapangan Rindam Kota Magelang, Rabu (23/10/2024). (Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie)

Sebanyak 4.138 personel gabungan TNI, Polri, dan instansi lainnya dikerahkan untuk pengamanan. 

Operasi pengamanan mulai berlangsung hari ini hingga 27 Oktober 2024.

"Kami melakukan gelar pasukan ini dalam rangka untuk mengecek kesiapan seluruh sarana prasarana, personel, materiil, dan sebagainya."

"Kami mengerahkan sekitar 4.138 personel, semua beserta cadangannya," kata Komandan Korem 0724/Pamungkas, Brigjen Zainul Bahar, di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Rabu (23/10/2024).

"Jadi semua instansi, institusi semua terkait, ya mudah-mudahan bisa lancar. Termasuk dari media nanti ada dari tim media sendiri yang akan menjelaskan tentang rangkaian kegiatan. Saya hanya menjelaskan tentang pengamanan ini," katanya.

(Tribunnews.com/Milani Resti/Endrapta Ibrahim)(Kompas.com)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #fakta #fakta #rencana #pembekalan #menteri #wamen #prabowo #akmil #magelang

KOMENTAR