Tak Hanya Beri BLT, Pemerintah akan Berdayakan Penduduk Miskin dalam Proses Produksi Makanan Bergizi Gratis
Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Budiman Sudjatmiko./ANTARA/Livia Kristianti
14:32
23 Oktober 2024

Tak Hanya Beri BLT, Pemerintah akan Berdayakan Penduduk Miskin dalam Proses Produksi Makanan Bergizi Gratis

Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan akan memberi peran masyarakat miskin untuk menjadi pemasok bagi Program Makan Bergizi Gratis (MBG).

Menurut Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan Budiman Sudjatmiko, pendayagunaan mereka akan dilakukan antara lain mempersiapkan koordinasi dengan industri, agar masyarakat miskin dipermudah untuk mendapatkan modal usaha.

"Orang miskin menjadi supplier, tapi tentu saja kita sediakan akses, aset, sehingga kemudian dipermudah mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Budiman, Selasa (22/10) seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan program MBG ini diharapkan bisa berperan dalam mengentaskan kemiskinan. Para masyarakat miskin ini nantinya akan dilibatkan dalam rantai pasok penyediaan bahan bagi program MBG.

Budiman mengakui bahwa pihaknya belum memiliki data terbaru jumlah masyarakat miskin, namun ia menargetkan sekitar 50 persen dari mereka akan menjadi supplier program MBG.

"Minimal 50 persen orang miskin yang jadi supplier," imbuhnya.

Sebelumnya, pasca dilantik resmi oleh Presiden Prabowo Subianto, Budiman Sudjatmiko berkomitmen memberdayakan masyarakat miskin untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Ia juga menambahkan bahwa dalam mengentaskan kemiskinan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah langkah strategis.

"Jadi pengentasan kemiskinan bukan sekadar menyembuhkan gejalanya, bukan menanggulangi, tapi mengentaskan. Bukan sekadar ngasih uang tunai, tapi harus ada pemberdayaan, pembangunan inklusif mulai dari sektor industri, juga kebijakan-kebijakan investasi," terangnya.

Ia juga menegaskan pemberdayaan masyarakat miskin tidak hanya dengan memberi mereka bantuan ekonomi, tetapi juga dibekali dengan ilmu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beberapa contohnya antara lain dibekali pelatihan kompetensi untuk mengelola koperasi atau mendorong pelatihan teknologi dalam bentuk upskilling dan reskilling.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hanya #beri #pemerintah #akan #berdayakan #penduduk #miskin #dalam #proses #produksi #makanan #bergizi #gratis

KOMENTAR