Siti Nurbaya Serahkan Estafet Kepemimpinan, Menteri Baru Janjikan Keberlanjutan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menitipkan pesan kepada Menteri baru dalam serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (22/10/2024). (Ryandi Zahdono/ JawaPos.com)
15:32
22 Oktober 2024

Siti Nurbaya Serahkan Estafet Kepemimpinan, Menteri Baru Janjikan Keberlanjutan

  - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar serah terima jabatan (Sertijab) dari Menteri Siti Nurbaya dan Wakil Menteri Alue Dohong ke dua kementerian baru yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan.   Kementerian Lingkungan Hidup dipimpin oleh Menteri Hanif Faisol Nurofiq dan Wamen Diaz Hendropriyono. Sedangkan Menteri Kehutanan dijabat oleh Raja Juli Antoni dan Wamen Sulaiman Umar.   Siti Nurbaya mengungkapkan, keanekaragaman hayati, deforestasi dan kualitas hidup merupakan isu penting yang menjadi perhatian dunia. Pihaknya telah melakukan sejumlah upaya dalam hal mengatasi itu.   

  Salah satunya, lanjut Siti, ialah menjaga keseimbangan dalam hal akses tata kelola hutan. Ia juga menyoroti isu krusial seperti Peraturan Anti-Deforestasi dari Uni Eropa (EUDR) terutama terkait langkah kementerian untuk mempersiapkan petani dan pengusaha dalam implementasinya ke depan.   "Pada konteks kehutanan yang paling penting saya kira pesan dari Bapak Presiden terkait dengan tata kelola dan kita sudah mengawalinya dengan tata kelola hutan Sustainable Forest Management and Governance," ujar Siti saat Sertijab di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (22/10/2024).   Siti menerangkan pihaknya juga telah mulai menerapkan Environmental Governance/Tata Kelola Lingkungan dalam rangka pelaksanaan Nilai Ekonomi Karbon di Indonesia. Ia berharap apa yang telah dilakukannya dapat dilanjutkan dan semakin baik kedepannya.    "Saya kira ke depan ini akan semakin baik lagi di bawah kepemimpinan dua menteri yang baru, Menteri LH dan Menteri Kehutanan," ucapnya.   

  Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni memastikan akan melanjutkan program-program baik yang telah ada sebelumnya. Sebab, pemerintahan saat ini ialah pemerintahan yang melanjutkan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.    "Seperti yang dipesankan pak Presiden Subianto, bahwa pemerintahan ini pemerintahan yang berkelanjutan dan menyempurnakan apa yang dikerjakan, dilaksanakan Pemerintahan Joko Widodo dalam hal ini ibu Siti Nurbaya," ucap Raja Juli.   Ia juga memastikan tidak akan melakukan pergantian-pergantian nomenklatur hanya untuk menghilangkan jejak keberhasilan pemerintahan sebelumnya. Meski begitu, ia juga meminta agar jajarannya tetap berinovasi demi meningkatkan pelayanan yang telah ada.   "Capaian-capaian yang baik tersebut akan kita teruskan. Akan tetapi saat bersamaan saya meminta juga melakukan untuk berinovasi memperbaiki yang sudah baik tadi," terang Raja Juli.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #siti #nurbaya #serahkan #estafet #kepemimpinan #menteri #baru #janjikan #keberlanjutan

KOMENTAR