Cara Download Sertifikat Ujian SKD CPNS 2024, Bisa Diunduh dengan Mudah Secara Online
Ilustrasi tes SKD CPNS. (Dok. JawaPos.com)
17:40
21 Oktober 2024

Cara Download Sertifikat Ujian SKD CPNS 2024, Bisa Diunduh dengan Mudah Secara Online

– Pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2024 berlangsung dari 16 Oktober hingga 14 November 2024. Pelaksanaanya sesuai dengan jadwal masing-masing peserta yang disesuaikan dengan formasi yang dilamar.

Peserta yang telah mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) bisa mengetahui hasil nilai melalui Live Score yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube BKN terkait.

Selain mengetahui hasil nilai, sembari menunggu pengumuman kelulusan SKD, peserta juga bisa mengundh sertfikat bukti mengikuti tes SKD CPNS 2024.

Sertifikat tes SKD ini memiliki fungsi sebagai tanda bukti keikutsertaan dalam SKD serta sebagai tanda bahwa peserta telah memenuhi salah satu syarat yang diberlakukan saat melamar di instansi pemerintah.

Selain itu, sertifikat ini juga bisa digunakan untuk mengikuti seleksi CPNS di instansi lain pada tahun berikutnya jika belum lolos pada seleksi pada tahun tersebut, juga sebagai bukti sanggahan.

Sertifkat SKD dapat berlaku dalam rentang waktu dua tahun sejak tanggal peserta mengikuti SKD. Adapun soft copy atau file sertfikat akan tersimpan di server BKN terkait selama dua tahun juga.

Menurut pihak BKN, sertifikat SKD ini seharusnya bisa langsung keluar setelah merampungkan ujian, namun mungkin juga bisa diakses peserta dalam waktu maksimal 2x24 jam atau dua hari setelah pelaksanaan tes.

Dilansir dari laman resmi BKN, berikut cara men-download sertifikat SKD CPNS 2024

1. Akses laman sertificat.bkn.go.id
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukkan nomor peserta ujian
4. Pilih tipe seleksi bagian “Calon Pegawai Negeri Sipil/ CPNS”
5. Klik tombol unduh
6. Dokumen sertifikat nilai SKD CPNS akan terunduh secara otomatis dengan format jpg.

Setelah sertfikat berhasil diunduh dan tersimpan ke dalam penyimpanan, Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan validasi.

Validitas sertifikat SKD dapat dicek melalui aplikasi Validator sertfikat BKN yang tersedia di playstore. Untuk mengecek validitasnya, unduh terlebih dahulu aplikasi “Validator SertifiCAT” untuk mengetahui kebasahan sertifikat yang berhasil diunduh.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #download #sertifikat #ujian #cpns #2024 #bisa #diunduh #dengan #mudah #secara #online

KOMENTAR