Herindra Bakal Jalani Fit and Proper Test Besok, Ini Deretan Kepala BIN Sepuluh Tahun Belakangan
Muhammad Herindra di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
15:24
15 Oktober 2024

Herindra Bakal Jalani Fit and Proper Test Besok, Ini Deretan Kepala BIN Sepuluh Tahun Belakangan

 

- Sepuluh tahun belakangan tidak banyak perubahan di posisi kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Bahkan sejak 2016, kepala BIN tidak pernah berganti. Presiden Joko Widodo mempercayakan posisi tersebut kepada Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Jelang pergantian presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024, Budi Gunawan diganti. Adalah Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra yang dipercaya untuk menjadi kepala BIN berikutnya. 

Herindra dipanggil oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan. Dia mengakui bahwa Prabowo memintanya bergabung dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

”Intinya saya diperintahkan untuk membantu beliau ya. Nanti kita lihat saja ya, nanti kita lihat (bantu di bagian mana). Terima kasih ya,” ucap Herindra kepada awak media Senin malam (14/10). Besok (16/10) dia akan menjalani fit and proper test

Sebelum Herindra, setidaknya ada tiga nama yang mengisi posisi kepala BIN selama sepuluh tahun belakangan. Dua berlatar belakang TNI. Sedangkan satu berlatar belakang Polri. Berikut rinciannya:

  1. Jenderal TNI (Purn) Budi Gunawan

Budi Gunawan merupakan kepala BIN yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menduduki posis kepala BIN sejak September 2016. Sampai akhir masa jabatan Jokowi, posisinya tidak tergantikan. Budi Gunawan menjadi kepala BIN kedua dari unsur Polri. Sebelumnya hanya Jenderal Polisi (Purn) Sutanto yang dipercaya menjadi kepala BIN dengan latar belakang Polri. 

  1. Letjen TNI (Purn) Sutiyoso

Sutiyoso atau Bang Yos adalah kepala BIN kedua di era kepemimpinan Presiden Jokowi. Sutiyoso merupakan purnawirawan TNI yang malang melintas bertugas di berbagai posisi penting. Saat menjadi tentara aktif, Bang Yos pernah bertugas sebagai panglima Kodam Jaya, komandan Korem 061/Surya Kencana, dan wakil komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Tidak hanya di TNI, Bang Yos juga pernah menjadi gubernur Jakarta. 

  1. Letjen TNI (Purn) Marciano Norman

Marciano merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1978. Dia menjadi kepala BIN pertama di era Presiden Jokowi. Marciano sudah bertugas sebagai kepala BIN sejak 2011. Dia dilantik untuk menduduki posisi tertinggi di BIN oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Meski tidak dipilih langsung oleh Jokowi, Marciano bertugas cukup lama di era Jokowi. Yakni sampai Juli 2015. 

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #herindra #bakal #jalani #proper #test #besok #deretan #kepala #sepuluh #tahun #belakangan

KOMENTAR