Program Internet Gratis Diragukan, Sosok Ini Bandingkan dengan Era Megawati
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memberikan pernyataan terakhir saat debat Capres-Cawapres kelima di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:16
7 Februari 2024

Program Internet Gratis Diragukan, Sosok Ini Bandingkan dengan Era Megawati

Salah satu program internet gratis dari pasangan Capres-Cawapres 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD nampaknya mendapatkan sorotan dari banyak pihak.

Salah satunya dari TikToker @michaelangelogs, dia turut membandingkan bahwa makan siang gratis salah satu program dari paslon 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masuk logika.

Mulanya dalam video diunggah akun TikTok @michaelangelogs memperlihatkan momen Ganjar mempertanyakan soal makan siang gratis atau internet gratis.

"Makan siang Gratis atau Internet Gratis?," kata Ganjar dalam video itu, dikutip Rabu (7/2/2024).

Hal tersebut nampaknya mendapatkan sorotan dari @michaelangelogs. Dia mengaku merasa ragu dengan salah satu program Ganjar soal Internet gratis.

"Bagus sih pah, dua-duanya bagus. Tapi saya agak ragu soal internet gratis," katanya.

Pada video itu, pria tersebut sontak saja menyindir ketika era Megawati saat jadi Presiden RI yang disebut-sebut telah menjual Indosat, padahal itu milik Indonesia.

"Internet kan berhubungan dengan satelit, satelit kita aja kalau gak salah Indosat itu dijual oleh sama yang punya partai bapak," ujarnya.

"Makanya saya pesimis untuk tanggapin internet gratis. Walapun bukan bapak bukan jadi itu masuk akal kata Kominfo," sambungnya.

Dalam video itu juga, si pria tersebut mengkhawatirkan jika nanti kedepan program tersebut tidak berjalan.

"Cuman ya lumayan lah pak, konsepnya tapi ya itu soal satelit itu kan waktu itu dijual gimana pak itu ama partai bapak? takutnya tar ada apa-apa dijual lagi satelit," imbuhnya.

Disamping itu, pria tersebut lebih memilih program paslon 02 Prabowo-Gibran.

"Tapi kalau gua pilih, makan siang gratis, coba kalkulasi 20 ribu kali makan siang dikali anak sekolah lima hari, jadi seminggu 20 kali 5 hari itu 100 ribu, kali sebulan itu 400 ribu. ya kalau 400 sebulan lebih milih makan siang gratis sih, soalnya kuota internet tidak sampai 400 ribu sebulan," jelasnya.

Penjualan Indosat

Di masa kepemimpinannya, Megawati memperoleh kritik karena telah melakukan penjualan terhadap Indosat yang saat itu berstatus sebagai BUMN.

Divestasi saham diminangkan oleh perusahaan asal Singapura, Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd (ST Telemedia) yang sahamnya dikuasai pemerintah Singapura lewat Temasek. Padahal saat itu Indosat tergolong BUMN yang menguntungkan.

Saat dijual pada 2002, ST Telemedia merogoh kocek Rp5,6 triliun untuk membeli 41,94% saham. Lima tahun kemudian, justru ST Telemedia yang memperoleh keuntungan berlipat setelah menjual seluruh saham Indosat yang dibeli dari Indonesia kepada Qatar Telecom QSC.

Kabar ini pun membuat publik naik pitam. Saat itu Qatar Telecom QSC merogoh Rp16,7 triliun untuk membeli saham Indosat dari ST Telemedia. Setelah akuisisi saham ini, Indosat berubah nama menjadi PT Indosat Ooredo.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #program #internet #gratis #diragukan #sosok #bandingkan #dengan #megawati

KOMENTAR