Kali Pertama Datang ke SMPN 1 Solo Sejak Jadi Presiden, Jokowi Kembali Duduk di bangku Sekolah Masa Kecilnya
Presiden Jokowi usai kunjungan ke SMPN 1 Solo, tempatnya dulu bersekolah, Sabtu (12/10). (ANTONIUS C/RADAR SOLO)
14:56
12 Oktober 2024

Kali Pertama Datang ke SMPN 1 Solo Sejak Jadi Presiden, Jokowi Kembali Duduk di bangku Sekolah Masa Kecilnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Sabtu (12/10) menghabiskan akhir pekan ini untuk berkeliling di Solo, Jawa Tengah. Dia menyambangi sekolah-sekolah masa kecilnya.

Dilansir dari Radar Solo (Jawa Pos Grup), Jokowi mengawali kunjungannya ke SDN 111 Tirtoyoso. Setelah itu dia bergeser ke SMPN 1 Solo. Di SMP ini, Jokowi sempat melihat-lihat ruangan yang dulu menjadi kelasnya. Sekolah ini tak jauh dari Stadion Manahan.

Wuryanti, Kepala SMPN 1 Solo mengatakan, Jokowi tercatat sebagai peserta didik angkatan 1976 di SMPN tersebut.

"Bahagia, tadi beliau bisa masuk kelas. Kelas di mana saat beliau masih di sini. Duduk di tempat beliau duduk dulu," ujar Wuryanti, Sabtu (12/10).

"Beliau mengatakan dulu mejanya yang panjang itu, satu meja buat dua orang. Sekarang satu anak satu meja," imbuhnya.

Wuryanti mengatakan, dulu Jokowi berada di kelas III C. Nama kelasnya sekarang sudah berubah menjadi IX 4. Sejak menjabat sebagai presiden, ini kali pertama Jokowi menginjakkan kaki ke SMPN 1 Solo. "Kalau waktu jadi wali kota, sering beberapa kali (mengunjungi SMPN 1 Solo)," ucap Wuryanti.

Dalam kunjungan ini, Jokowi menitip pesan kepada guru-guru agar tidak lelah mendidik anak-anak. "Karena SMPN 1 meski sekarang zonasi, tidak harus hilang prestasinya dan kita terus pertahankan. Beliau titip seperti itu," imbuh Wuryanti.

Dalam kesempatan ini, Jokowi bertemu sekitar 30 menit dengan para guru. Dia menyampaikan apresiasi khusus kepada para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

"Untuk bapak-ibu guru, karyawan, semua dapat batik. Kemudian siswa dapat tas sama alat tulis. Total (siswa) ada 899 orang," pungkas Wuryanti.

 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #kali #pertama #datang #smpn #solo #sejak #jadi #presiden #jokowi #kembali #duduk #bangku #sekolah #masa #kecilnya

KOMENTAR