Kursi Menko Polhukam Kosong Ditinggal Mahfud MD, Bakal Diisi AHY?
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. [ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym]
16:28
2 Februari 2024

Kursi Menko Polhukam Kosong Ditinggal Mahfud MD, Bakal Diisi AHY?

Mahfud MD resmi mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) secara otomatis saat ini terjadi kekosongan jabatan. Belakangan sempat beredar kabar bila Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditawari mengisi posisi lowong tersebut.

Menanggapi hal tersebut, putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menyatakan tidak pernah ada tawaran tersebut.

"Tidak ada (tawaran menjadi Menkopolhukam), dari siapa itu tawarannya," ujar AHY seperti dikutip Times Indonesia-jaringan Suara.com, Jumat (2/2/2024).

AHY melanjutkan, tidak ada komunikasi apapun dengan siapapun, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal tawaran menjadi Menkopolhukam.

"Tidak ada komunikasi tentang itu," tegasnya.

Saat ditanya pendapat tentang menteri yang ikut kontestasi Pilpres 2024 harus mundur dari jabatan karena dikhawatirkan bakal mengakibatkan konflik kepentingan, AHY tidak ingin berandai-andai.

"Yang jelas saya tidak ingin berandai andai, tidak ingin dalam posisi itu."

"Yang jelas setiap tugas yang dibebankan kita kepada negara harus kita jalankan sebaik baiknya," ungkapnya.

AHY juga memberi hormat kepada tokoh yang sedang mengemban amanah sebagai menteri. Lebih lanjut, ia menyebut, jabatan menteri memiliki peran penting dalam menjalankan roda pemerintahan membantu Presiden RI.

"Itu adalah pekerjaan yang mulia. Tidak semua punya kesempatan dan peluang seperti itu. Jadi tentu mereka bisa menjalankan tugas dengan baik," tuturnya.

"Saya menghormati pilihan apapun, selagi dalam undang undang aturan tidak dilanggar, semua punya hak dan kewajiban yang sama," ucapnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #kursi #menko #polhukam #kosong #ditinggal #mahfud #bakal #diisi

KOMENTAR