Plong di Jumat Berkah, Mahfud MD Gamang Selama 3,5 Bulan, Netizen: Traktir JCO Dong Pak
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Ham (Menkopolhukam), Mahfud MD saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Kamis (1/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:52
2 Februari 2024

Plong di Jumat Berkah, Mahfud MD Gamang Selama 3,5 Bulan, Netizen: Traktir JCO Dong Pak

Mahfud MD mengakui bahwa saat ini dirinya sangat plong setelah kemarin, Kamis (1/2) resmi mundur sebagai Menkopolhukam. Mahfud akui selama 3,5 bulan semenjak jadi cawapres, ia gamang.

"Hr ini sy merasa plong, datang ke kantor Polhukam utk pamitan. 3,5 bln terakhir ini, sejak resmi jd cawapres sy gamang jika ke kantor Kemenko Polhukam," kata Mahfud di akun Twitter miliknya @mohmahfudmd, Jumat (2/2).

Pasangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu mengaku sangat khawatir saat masih jadi Menkopolhukam ia dianggap tidak netral dan tanpa sengaja menggunakan fasilitas negara.

Baca juga:

"Sy khawatir tanpa sengaja menggunakan fasilitas kantor utk kepentingan kampanye sy. Sy khawatir pejabat dan pegawai Polhukam tdk netral dan melayani kepentingan politik sy krn sy jd paslon," sambungnya.

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan bahwa keputusannya untuk mundur sebagai Menkopolhukam sempat tarik ulur selama 3,5 bulan.

"Tolak tarik agar sy mundur atau bertahan sbg Menko Polhukam berlangsung 3,5 bln. Tepat 1 Pebruari 2024 sy sdh menghadap Presiden Jokowi utk minta berhenti,"

Di akhir penjelasannya, Mahfud memuji para pejabat dan pegawai Polhukam yang tetap netral selama Pemilu dan Pilpres 2024.

"Sy bangga pejabat2 dan pegawai Polhukam bersikap netral. Sy benar-benar plong di Jumat yg penuh barokah ini,"

Meeski terkesan cukup serius dengan cuitannya itu, Mahfud MD malah mendapat banyak respon bercada dari netizen.

Salah satu netizen bahkan menagih Mahfud MD untuk membelikan donut, hal yang lazim dilakukan seseornag saat akan resign dari pekerjaannya.

"mana traktiran jconya pak," cuit akun @unmag***

"Pesanan mahkota anda sedang dalam pengiriman, King," canda akun lainnya.

Mahfud MD pada Kamis petang menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan menteri kepada Presiden Joko Widodo.

"Baru saja saya diterima Bapak Presiden Joko Widodo, ditemani Mensesneg Pak Pratikno. Saya menyampaikan permohonan untuk berhenti," ujar Mahfud seperti dikutip dari Antara.

Pertemuan Mahfud bersama Jokowi berlangsung tertutup. Mahfud menyampaikan keterangan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dia menyampaikan surat kepada Jokowi yang berisi tiga hal.

Pertama, Mahfud menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengangkatnya sebagai menteri pada 23 Oktober 2019 dengan penuh hormat.

Sehingga secara resmi ia juga dengan penuh hormat menyatakan surat untuk mohon mengundurkan diri.

Kedua, mengenai substansi isi surat permohonan berhenti.

Ketiga, Mahfud memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang dapat dilaksanakan dengan baik selama menjadi menteri.

"Alhamdulillah Presiden sama dengan saya, kita bicara dari hati ke hati, penuh kekeluargaan dan sama-sama tersenyum," kata Mahfud.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #plong #jumat #berkah #mahfud #gamang #selama #bulan #netizen #traktir #dong

KOMENTAR