Megawati Singgung Pemilu Dibuat Ajang Tarik Menarik, Rakyat Diintimidasi Jika Beda Pilihan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan Pidato pada peringatan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan yang ke-51. /Foto: Tangkapan Layar 
11:55
10 Januari 2024

Megawati Singgung Pemilu Dibuat Ajang Tarik Menarik, Rakyat Diintimidasi Jika Beda Pilihan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung pelaksanaan pemilu yang dibuat ajang tarik menarik oleh penguasa hingga membuat rakyat tersandera.

Kata Megawati, rakyat sudah semestinya dibebaskan untuk bisa memilih pemimpinnya secara arif, baik dan bijaksana.

Bukan justru didorong dan disuruh dengan intimidasi dan kekerasan jika punya perbedaan pilihan pemimpin di Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Megawati dalam pidato politik di HUT ke-51 PDIP bertajuk ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’ di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

"Masa pemilu aja dibuat ajang tarik menarik, ya nggak lah. Udahlah bebaskan rakyat untuk bisa memilih pemimpinnya dengan arif, baik dan bijaksana," kata Megawati.

"Jangan didorong-dorong, disuruh-suruh, udah dengan intimidasi, kekerasan, aduh sudahlah tolong itu maaf beribu maaf, toh Orde Baru juga jatuh," ungkap dia.

Presiden Indonesia ke-5 ini pun menegaskan bahwa kekuasaan tidak langgeng, melainkan rakyat. Dia pun meyakini bahwa kebenaran pasti menang sesuai dengan tema HUT PDIP tahun ini.

"Keyakinan bahwa kebenaranlah pasti menang, itu siapa sih yang ngajari? Ya beliau-beliau ini (menunjuk foto Soekarno). Sampai teguh karena tahu kita dijajah, harus dikalahkan, kalian berani apa tidak?

Megawati sebelumnya juga mengingatkan agar TNI, Polri  dan ASN untuk netral di tengah arus demokrasi dan Pemilu 2024.

Sebab Polri, TNI dan ASN, kata Megawati, terikat dengan sumpahnya masing-masing. Sumpah tersebut atas nama kitab suci agama, bukan omong kosong tapi jadi pertanggungjawaban kepada Tuhan.

"Sumpah itu bukan omong kosong lho, sumpah itu sama yang di Atas lho, jangan lupa sampai mati lho," katanya.

"Jadi ingat, sebab TNI terikat dengan Sumpah Sapta Marga, Polri dengan Sumpah Tribrata, ASN dengan Sumpah Jabatan," lanjut Megawati.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #megawati #singgung #pemilu #dibuat #ajang #tarik #menarik #rakyat #diintimidasi #jika #beda #pilihan

KOMENTAR