Janji Naikkan Gaji usai jadi Presiden, Prabowo ke Para Hakim: Sabar Sebentar
Janji Naikkan Gaji usai jadi Presiden, Prabowo ke Para Hakim: Sabar Sebentar. (Suara.com/Bagaskara)
15:20
8 Oktober 2024

Janji Naikkan Gaji usai jadi Presiden, Prabowo ke Para Hakim: Sabar Sebentar

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berjanji akan langsung memperbaiki soal gaji para hakim setelah dirinya resmi dilantik sebagai Presiden. Hal itu Prabowo menanggapi soal aksi mogok massal para hakim yang menuntut soal kesejahteraan.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad langsung mengontak Prabowo saat pimpinan DPR menggelar audiensi dengan Solidariras Hakim Indonesia di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Lewat sambungan teleponnya dengan Dasco, Prabowo mengaku akan merealisasi janjinya dan meminta agar para hakim bersabar untuk menunggunya resmi menjadi presiden.  

Awalnya Prabowo mengaku sudah diberitahu Dasco soal adanya audiensi tersebut. Ia menegaskan, jika dirinya memang menaruh perhatian pada nasib hakim. 

"Saya memang menaruh perhatian yang sangat besar sudah sejak lama terhadap para hakim saya berpendapat bahwa yudikatif kita harus sangat kuat dan karena itu dari dulu pendapat, saudara boleh cek dari semua pidato saya diberbagai juga tulisan saya saudara bisa dipelajari rekam saya rekam jejak ucapan-ucapan saya berpendapat bahwa para hakim harus diperbaiki kualitas hidupnya dan harus dijamin supaya pada hakim itu sangat mandiri dan bisa menjalankan tugas sebagai hakim dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo. 

Baca Juga: Ditelepon Dasco saat Audensi, Prabowo: Dari Dulu Saya Ingin Perbaiki Penghasilan Hakim, Ini Bukan Janji tapi Keyakinan

Presiden terpilih Prabowo Subianto di DPR RI. (Suara.com/Dea)Presiden terpilih Prabowo Subianto di DPR RI. (Suara.com/Dea)

Untuk itu, kata Prabowo, sejak lama dirinya ingin memperbaiki nasib terutama soal penghasilan para hakim. 

"Karena itu dari dulu rencana saya ingin memperbaiki remunerasti penghasilan para hakim supaya menjadi sangat baik pandangan saya dari dulu. Dan ini bukan janji karena kampanye sudah selesai, jadi saya ga perlu janji-jani tapi ini adalah keyakinan saya," katanya. 

Ia pun meminta para hakim sabar hingga dirinya resmi dilantik sebagai presiden RI. 

"Jadi saya minta para hakim sabar sebentar, begitu saya memang menerima estafet (pemerintahan) sama menerima mandat dan saya menjalankan dan saya benar akan memperhatikan para hakim," pungkasnya. 

Hakim Tuntut Kesejahteraan

Baca Juga: Solidaritas Hakim: Gaji Kami Saat Ini Kayak Uang Jajan Rafathar Tiga Hari

Untuk diketahui, Solidaritas Hakim Indonesia akhirnya diterima audiensi oleh DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Mereka datang dengan aksi memakai pita berwarna putih. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, mereka tampak kompak memakai pita putih yang terpasang di dada mereka. 

Para hakim ngadu soal gaji dan tunjangan saat melakukan audensi dengan DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Suara.com/Bagaskara)Para hakim ngadu soal gaji dan tunjangan saat melakukan audensi dengan DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Suara.com/Bagaskara)

Mereka tampak antusias mengikuti rapat audiensi ini yang dipimpin oleh tiga Pimpinan DPR RI yakni Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Cucun Ahmad Syamsurijal. 

Dasco menyampaikan, jika audiensi ini akan diambil sebuah kesimpulan terkait kondisi kesejahteraan para hakim setelah mendengar aspirasi Solidaritas Hakim Indonesia. 

"Pertemuan pada hari ini adalah sebenarnya adalah merupakan tinggal menyimpulkan saja apa yang diminta, apa yang akan dapat dipenuhi dengan situasi dan kondisi pada saat ini," kata Dasco. 

Menurutnya, pihaknya bakal mendengar dan berupaya memenuhi apa yang menjadi permintaan dari Solidaritas Hakim Indonesia. Agar berdampak pada kinerja para hakim. 

"Dan tentunya kita berharap bahwa pemenuhan sebagian yang diminta juga akan berdampak pada kenaikan kinerja, tingkat kinerja para hakim," ujarnya. 

Ia pun berharap masalah para hakim ini bisa segera selesai. Supaya para hakim bisa kembali bertugas 

"Ya harapannya supaya kita akan segera selesaikan pembicaraan dengan para Hakim supaya juga tidak kemudian mengganggu tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan untuk rakyat," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #janji #naikkan #gaji #usai #jadi #presiden #prabowo #para #hakim #sabar #sebentar

KOMENTAR