Cek Fakta: Suporter Timnas Bahrain Disanksi FIFA Tak Boleh Hadiri Laga Kualifikasi PD 2026
Cek Fakta Timnas Bahrain disanksi oleh FIFA (Facebook)
16:44
7 Oktober 2024

Cek Fakta: Suporter Timnas Bahrain Disanksi FIFA Tak Boleh Hadiri Laga Kualifikasi PD 2026

Beredar narasi di Facebook yang menyebut FIFA memberikan sanksi pada suporter Timnas Bahrain karena ulah mereka mengarahkan sinar laser hijau ke arah pemain Jepang dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (10/9/2024).

Disebutkan pula bahwa suporter Bahrain diberi sanksi karena dianggap melecehkan lagu kebangsaan Jepang. Sanksi yang diberikan ialah larangan bagi Suporter Bahrain untuk hadir pada pertandingan lain di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

“BAHRAIN KENA SANKSI FIFA SUPORTER TUAN RUMAH DI LARANG HADIR, KECUALI INDONESIA

Baca Juga: Marselino Ferdinan Bikin Kesalahan di Latihan Timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Thom Haye Protes

Informasinya karena laser dan pelecehan lagu kebangsaan Jepang....
Kalau ini benar indonesia jelas sangat di untungkan,
Mimpi itu nyata
INDONESIA MENANG”

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan:

Setelah dilakukan penelusuran fakta oleh Suara.com, tidak ditemukan pernyataan resmi FIFA terkait sanksi atas tindakan suporter Bahrain dalam pertandingan melawan Jepang (11/09).

Sebelumnya, Pelatih Jepang Hajime Moriyasu mengatakan memang penggemar Bahrain mencoba mengalihkan perhatian para pemainnya dengan menggunakan laser. Tak hanya itu, penggemar Bahrain juga mencemooh lagu kebangsaan Jepang selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia itu.

Baca Juga: Meski Dihuni Para Bek Terbaik, Bukan Berarti Lini Pertahanan Indonesia Bebas dari Masalah

Moriyasu menyatakan kekecewaannya atas ulah para penggemar yang mengarahkan sinar laser hijau ke mata striker Ayase Ueda, saat bersiap untuk mengambil penalti babak pertama.

Pelatih itu juga mengaku kecewa setelah penggemar tuan rumah mencemooh lagu kebangsaan Jepang sebelum pertandingan di Stadion Nasional Bahrain itu.

"Tapi saya ingin melihat akhir dari ejekan yang terjadi selama lagu kebangsaan di pertandingan hari ini, dan upaya untuk menghalangi pemain saya, yang bisa menyebabkan kerusakan fisik pada mereka,” kata Pelatih Timnas Jepang, dilansir dari Japan Times.

Diketahui, Bahrain akan menjadi lawan Indonesia pada 10 Oktober 2024 pada pukul 23.00 WIB.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebut sanksi FIFA yang melarang pendukung Timnas Bahrain datang di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak terbukti kebenrannya alias hoaks.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #suporter #timnas #bahrain #disanksi #fifa #boleh #hadiri #laga #kualifikasi #2026

KOMENTAR