Cetak Kartu Ujian CPNS Pakai Kertas Apa? Jangan Sampai Keliru Ukuran dan Warnanya
Cetak Kartu Ujian CPNS Pakai Kertas Apa? Jangan Sampai Keliru Ukuran dan Warnanya (setkab.go.id)
19:40
26 September 2024

Cetak Kartu Ujian CPNS Pakai Kertas Apa? Jangan Sampai Keliru Ukuran dan Warnanya

Seleksi CPNS 2024 akan memasuki tahap tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Dimana sebelumnya, peserta yang lolos administrasi diminta untuk mencetak kartu pendaftaran CPNS 2024 terlebih dahulu. Lantas sebaiknya cetak kartu ujian CPNS 2024 pakai kertas apa?

Pertanyaan ini mungkin banyak ditanyakan para peserta lantaran agar tidak terjadi kesalahan dalam setiap proses rekrutmen CPNS 2024. Untuk mengetahui ukuran kertas dan cara mencetak kartu ujian CPNS 2024 yang benar, simak artikel ini sampai akhir.

Ketentuan Cetak Kartu Ujian CPNS 2024

Perlu diketahui, kartu peserta ujian CPNS dapat diunduh pada portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN sscasn.bkn.go.id setelah instansi mengumumkan hasil akhir pasca-sanggah.

Baca Juga: Tips Lolos! Latihan Soal CPNS di Telegram dan Cara Gabungnya Grup Alumni Peserta yang Berpengalaman

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak kartu peserta ujian SKD CAT CPNS 2024 yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, silakan akses laman sscasn.bkn.go.id lalu tekan tombol Masuk.
  • Kemudian, silakan isi nomor induk kependudukan (NIK) dan kata sandi yang telah didaftarkan, laku isi kode captcha yang muncul pada layar, setelah itu klik Masuk.
  • Ketuk menu Resume Pendaftaran, dan setelah hasil akhir seleksi administrasi pasca-sanggah diumumkan, maka layar akan menampilkan tombol “Cetak Kartu Peserta Ujian”.
  • Langkah selanjutnya, tekan tombol lalu unduh dokumen kartu peserta ujian dalam format PDF.
  • Kamu bisa mencetak kartu peserta ujian SKD CAT CPNS 2024 dengan menggunakan kertas putih berukuran A4. 

Ketika print Anda tidak perlu mengubah ukuran file ataupun size kertas yang sudah ada. Sehingga kartu ujian CPNS 2024 milik anda tercetak dengan jelas dan tidak kabur tulisannya.

Selain itu, ada ketentuan khusus mengenai format kartu peserta ujian SKD yang perlu kalian ketahui. Kartu ujian CPNS harus dicetak dengan menggunakan tinta warna.

Pastikan mesin cetak baik itu printer ataupun lainnya menggunakan tinta hitam yang tidak bercampur dengan warna lain.

Lalu, potong pada bagian garis putus-putus. Kartu peserta ujian SKD CPNS tidak perlu dilaminating atau dibungkus dengan benda lainnya.

Baca Juga: Simulasi CAT CPNS 2024 Gratis di Situs Resmi, Asah Kemampuan Sebelum Tes SKD dan SKB

Jika sudah dicetak, simpanlah kartu ujian CPNS 2024 anda di stopmap atau penyimpanan dokumen dalam keadaan tidak terlipat. Sebab adanya lipatan pada kartu tes CPNS ini bisa mengakibatkan tidak terbacanya tulisan atau data diri peserta.  

Perlu diketahui, tahun ini panita seleksi CPNS 2024 memiliki kebijakan yang cukup menguntungkan bagi peserta yang pernah ikut rekrutmen tahun lalu tapi tidak lolos. Sebab nilai SKD tahun lalu bisa dipakai oleh peserta.

Para pelamar CPNS 2024 yang telah dinyatakan memenuhi syarat atau lolos seleksi administrasi, maka dapat menggunakan nilai SKD berbasis CAT 2023. Konfirmasi penggunaan nilai SKD 2023 ini dilakukan pada tanggal 18 September hingga 28 September 2024 mendatang.

Tapi sebelum melakukan konfirmasi nilai SKD 2023, pelamar seleksi CPNS 2024 harus mengunduh sertifikat SKD tahun lalu terlebih dahulu. Sementara itu, para pelamar yang memutuskan tidak menggunakan nilai SKD 2023 tentunya harus mengikuti SKD CPNS 2024.

Peserta yag mengikuti SKD CAT CPNS 2024 diwajibkan untuk membawa beberapa dokumen, salah satunya adalah kartu peserta ujian. Maka dari itu, anda jangan sampai cetak kartu ujian CPNS 2024 pada kertas yang salah.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cetak #kartu #ujian #cpns #pakai #kertas #jangan #sampai #keliru #ukuran #warnanya

KOMENTAR