Sudah Ditugasi Presiden Bentuk Matra Siber, Hadi Tjahjanto: Presiden Prabowo Juga Concern
Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto. (Suara.com/Bagaskara)
18:32
23 September 2024

Sudah Ditugasi Presiden Bentuk Matra Siber, Hadi Tjahjanto: Presiden Prabowo Juga Concern

Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto, mengatakan pihaknya sudah ditugaskan untuk fokus membentuk matra siber sebagai matra keempat TNI. Terlebih juga hal itu akan menjadi fokus dalam pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Sudah, pak presiden sudah memerintahkan untuk membentuk matra keempat termasuk presiden terpilih concern dengan matra angkatan keempat," kata Hadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2024).

Menurutnya, pembentukan matra siber ini penting dilakukan. Apalagi kekinian perang semakin modern.

"Dalam pertempuran modern saat ini kita center of gravity kita adalah perang siber, karena perang siber memerlukan bagaimana kita menghadapi perang proxy, proxy war, perang asimetris," ujarnya.

Baca Juga: Kominfo Gandeng Indosat dan Mastercard Cetak 1 Juta Ahli Keamanan Siber di Indonesia

"Kemudian perang propaganda, semuanya memerlukan satu peralatan sistem untuk kita menghalau serangan balik mereka," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ke depan memang dibutuhkan adanya patroli siber. Terlebih juga harus ada langkah mitigasi untuk menghadapi serangan siber.

"Dan kalau saya sampaikan angkatan keempat, matra siber ini adalah perang pikiran. Bagaimana kita bisa mempengaruhi bahwa peperangan ini bisa kita menangkan," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sudah #ditugasi #presiden #bentuk #matra #siber #hadi #tjahjanto #presiden #prabowo #juga #concern

KOMENTAR