Cara Menulis Alasan Sanggah bagi Pelamar TMS Seleksi Administrasi CPNS 2024 dan Contoh Kalimatnya
Simak cara menulis alasan sanggah yang benar bagi pelamar CPNS 2024 yang tak lolos seleksi administrasi, lengkap dengan contoh kalimat sanggah. 
10:46
17 September 2024

Cara Menulis Alasan Sanggah bagi Pelamar TMS Seleksi Administrasi CPNS 2024 dan Contoh Kalimatnya

Hasil seleksi administrasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, mulai diumumkan.

Pelamar yang berkasnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga tak lolos seleksi administrasi CPNS 2024 berhak mengajukan sanggahan.

Masa sanggah dalam seleksi CPNS 2024 berlangsung 3 hari, mulai 20-22 September 2024. Sementara pengumuman hasil sanggah diumumkan pada 23-29 September 2024.

Cara Menulis Alasan Sanggah yang Benar

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus tentang bagaimana cara menulis alasan sanggah yang benar.

Hanya saja, pelamar perlu memakai bahasa yang baik dan sopan saat menulis alasan sanggah terhadap hasil seleksi administrasi 2024.

Selain itu, penyusunan kalimat sanggah harus sesuai dengan alasan mengapa pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tidak lolos seleksi administrasi.

Misal telah melampirkan KTP yang sesuai dengan persyaratan, tapi instansi menyatakan KTP tersebut tidak sesuai.

Alasan Sanggah yang pelamar tulis juga harus benar, realistis, tidak mengada-ngada, dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya.

Jika pelamar sudah menyadari kesalahan, maka tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil verifikasi.

Alasan sanggah juga harus sesuai dengan dokumen sebenarnya.

Apabila ternyata isian yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen, maka pelamar bersedia menanggung akibat hukuman yang ditimbulkannya.

Contoh Kalimat Sanggah yang Benar

Merangkum dari berbagai sumber, inilah contoh kalimat alasan sanggah yang benar:

1. Alasan TMS: Kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan persyaratan instansi

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih kepada pihak verifikator yang telah memeriksa lamaran saya. Namun, saya merasa ada kesalahan dari pihak verifikator. Saya melamar untuk posisi [nama posisi yang dilamar] yang mengharuskan pelamar memiliki kualifikasi pendidikan adalah S-X. Setelah saya periksa kembali, kualifikasi pendidikan saya sesuai dengan persyaratan posisi tersebut. Untuk itu, saya mohon agar dicek kembali. Terima kasih.

2. Alasan TMS: Kartu Tanda Kependudukan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Contoh kalimat sanggah: Saya menghormati hasil seleksi administrasi. Namun dengan hormat, saya ingin menyatakan bahwa KTP yang saya unggah merupakan dokumen asli dan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Mohon untuk dicek kembali. Terima kasih.

3. Alasan TMS: Melampaui batas usia yang disyaratkan.

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih tim verifikator atas hasil seleksi administrasinya. Namun dengan hormat, mohon dicek kembali KTP atau dokumen yang saya unggah. Saya masuk dalam kriteria usia yang dipersyaratkan karena tahun lahir saya adalah 1996, bukan 1986.

4. Alasan TMS: Tidak lulus administrasi karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih kepada tim verifikator yang telah memeriksa lamaran saya. Namun mohon untuk dicek kembali karena kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan.

5. Alasan TMS: Tidak lulus administrasi CPNS 2024 karena format surat pernyataan tidak sesuai.

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih sebelumnya untuk tim verifikator. Sebelumnya, saya meminta maaf atas kelalaian saya karena tidak membaca secara teliti poin per poin. Namun saya harap tim verifikator tetap meluluskan berkas ini. Sebab berkas yang saya unggah sudah didukung dengan berkas-berkas lainnya, sedangkan kesalahannya hanya ada di satu poin saja. Besar harapan saya agar berkas ini dapat diterima.

6. Alasan TMS: KTP atau Identitas Kependudukan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Contoh kalimat sanggah: Sebelumnya, terima kasih kepada tim verifikator yang sudah memeriksa lamaran dan saya menghormati hasil seleksi administrasi. Namun dengan hormat, saya ingin menyatakan, KTP yang saya unggah merupakan dokumen asli dan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Mohon untuk dicek kembali. Terima kasih.

7. Alasan TMS: Scan ijazah buram atau tidak terbaca.

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih bapak/ibu verifikator yang memeriksa seluruh berkas saya. Mohon maaf sebelumnya, saya sudah mengunggah file scan asli ijazah dalam format PDF dan ukuran yang sesuai. Ketika saya cek, dokumen tersebut sudah benar, jelas, dan tidak buram. Saya mohon bapak/ibu verifikator untuk mengecek ulang dokumen tersebut. Saya berharap sekiranya bapak/ibu verifikator tetap meloloskan berkas administrasi saya.

8. Alasan TMS: Surat Lamaran tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan,

Contoh kalimat sanggah: Yang terhormat Bapak/Ibu Panitia Penerimaan CPNS (nama_Instansi) di tempat, saya (nama pelamar) izin mengajukan sanggahan terkait dengan Surat Lamaran. Berikut dokumen tersebut telah terlampir sesuai dengan yang dipersyaratkan pada pengumuman, berikut jenis dokumen, dan besaran filenya sesuai menu Unggah Dokumen SSCASN, serta telah sesuai dengan template dokumen yang diberikan. Mohon kiranya untuk dicek kembali, dan dapat dipertimbangkan hasil Seleksi Administrasi saya. Demikian disampaikan sanggahan terkait hasil TMS Administrasi saya. Terima kasih.

9. Alasan TMS: Formasi yang dilamar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan

Contoh kalimat sanggah: Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada panitia verifikasi yang telah melaksanakan tugasnya. Dalam hasil seleksi administrasi, tertulis bahwa kualifikasi saya tidak sesuai untuk formasi A (nama posisi). Berdasarkan informasi yang saya ketahui, formasi tersebut mensyaratkan kualifikasi pendidikan (sebutkan kualifikasinya) sehingga sesuai dengan ijazah saya. Mohon untuk diperiksa ulang. Terima kasih.

10. Alasan TMS: Pas foto tidak boleh terlihat lengan

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih sebelumnya untuk tim verifikator. Pas foto yang diunggah sudah sesuai syarat dan ketentuan yang diminta instansi, dalam syarat yang diminta tidak tercantum ketentuan spesifik pas foto tidak boleh mengenai lengan. Dan berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Calon ASN 2024 dari BKN, contoh pas foto yang diberikan adalah pass foto yang terlihat lengan. Mohon diperiksa dan dipertimbangkan kembali.

11. Alasan TMS: Transkrip nilai dinyatakan belum diunggah, tapi sudah diunggah.

Contoh kalimat sanggah: Mohon diperiksa kembali. Saya telah mengirimkan transkrip nilai pada saat pendaftaran.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Editor: Endra Kurniawan

Tag:  #cara #menulis #alasan #sanggah #bagi #pelamar #seleksi #administrasi #cpns #2024 #contoh #kalimatnya

KOMENTAR