Cek Fakta: Paus Fransiskus Berdansa dengan Seorang Wanita Setelah Pulang dari Indonesia
Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus (tengah) melambaikan tangan sebelum meninggalkan Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024). [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nym]
07:16
12 September 2024

Cek Fakta: Paus Fransiskus Berdansa dengan Seorang Wanita Setelah Pulang dari Indonesia

Sebuah unggahan dari akun Twitter @aya_mereun212 pada 6 September 2024 mengklaim bahwa Paus Fransiskus terlihat sedang berdansa salsa dengan seorang wanita setelah kembali dari kunjungannya ke Indonesia.

Unggahan tersebut dilengkapi dengan video yang memperlihatkan seorang pria berpakaian seperti pastor sedang menari bersama seorang wanita.

Setelah ditelusuri oleh tim Cek Fakta dari turnbackhoax.id, video tersebut bukanlah Paus Fransiskus. Video yang sama telah ditemukan di akun YouTube milik aktor asal Brasil, Inácio Falcão, dalam kanal "Papa Popó Caruaru."

Video yang berjudul "PAPA POPÓ CARUARU DANÇANDO FORRÓ" itu menampilkan Falcão sedang menari, bukan Paus Fransiskus.

Baca Juga: Cek Fakta: Prabowo Usut Utang Negara Ilegal

Video ini sudah diunggah jauh sebelum klaim dari akun @aya_mereun212, tepatnya sejak Juli 2023.

Selain itu, video ini juga telah disebarkan dengan narasi berbeda sebelumnya dan sudah dibahas oleh DFRAC dalam sebuah artikel berjudul “Stunt master arrested over a pastor dance video: Read the Fact Check.”

Artikel tersebut menjelaskan bahwa video itu adalah bagian dari konten hiburan dan tidak ada kaitannya dengan Paus Fransiskus.

Kesimpulan
Berdasarkan penelusuran, klaim yang dibuat oleh akun @aya_mereun212 tentang Paus Fransiskus berdansa dalam video tersebut adalah konten menyesatkan. Video aslinya dibuat oleh aktor Brazil, Inácio Falcão, dan tidak ada hubungannya dengan Paus Fransiskus.

Baca Juga: Cek Fakta: Istilah Kadrun Diciptakan oleh Njoto Diperuntukkan bagi Orang Islam

Editor: Bella

Tag:  #fakta #paus #fransiskus #berdansa #dengan #seorang #wanita #setelah #pulang #dari #indonesia

KOMENTAR